Senin, 18 Januari 2021 22:51

Satu Napi Teroris Dipindah ke Nusakambangan dari Lapas Klas II B Blitar

Senin, 26 November 2018 13:59 WIB
Editor: Nur Syaifudin
Wartawan: Akina Nur Alana
Satu Napi Teroris Dipindah ke Nusakambangan dari Lapas Klas II B Blitar
Pintu gerbang Lapas Klas IIB Blitar dijaga ketat.

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Seorang narapidana tindak pindana terorisme (Napiter) lembaga pemasyarakatan Klas II B Blitar dipindahkan ke Lapas Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah Senin (25/11).

Pemindahan Napiter atas nama Budi Utomo ini dilakukan pagi hari sekitar pukul 04.30 WIB. Dengan kawalan ketat tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Polri, dibantu puluhan personel dari Polres Blitar Kota. Sedangkan petugas Lapas Klas II Blitar hanya bertanggung jawab terkait dengan administrasi.

Kepala keamanan Lapas Klas II B Blitar Bambang Setyawan mengungkapkan, proses pemindahan Budi Utomo dari kamar tahanan di Lapas Klas II Blitar menuju mobil yang akan membawa ke Nusakambangan berlangsung sekitar 20 menit.

"Tidak ada perlawanan. Kami tetap menggunakan langkah persuasif serta mengedepankan kemanusiaan. Sebelum berangkat, yang bersangkutan juga sempat mandi dan menjalankan sholat subuh," jelas Bambang Setyawan, Senin (25/11).

Menurut dia, Budi Utomo dipindah ke Lapas Klas II B Blitar 22 Januari 2016. Sebelumnya, dia sempat menjalani hukuman di Lapas Klas I Malang dan Lapas Klas I Surabaya. Budi Utomo divonis 10 tahun penjara atas keterlibatanya dengan jaringan terorisme.

"Di sini (Lapas Klas II Blitar) sudah sekitar dua tahun. Sebelumnya sempat di Lapas Klas I Malang dan Lapas Klas I Surabaya. Sisa masa tahanan sekitar 4 tahun," jelas dia.

Bambang menambahkan, saat ini masih ada satu napiter di Lapas Klas II Blitar. Napiter tersebut atas nama Son Haji yang mulai masuk ke Lapas Klas II B Blitar sejak 11 September 2017 lalu setelah menjalani hukuman di Rutan Klas I Jakarta Pusat.

"Saat ini masih ada satu napiter yang ditempatkan di Lapas Klas II B Blitar. Napiter tersebut atas nama Son Haji, pindahan dari Rutan Klas I Jakpus," papar dia. (ina/ns)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Kamis, 07 Januari 2021 16:58 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Pamekasan dalam masa pandemi ini tetap bertekad memberikan wahana hiburan rekreasi sekaligus olahraga, terutama bagi anak-anak dan usia dini.Melalui kapasitas dan potensi...
Minggu, 17 Januari 2021 10:07 WIB
Oleh: M. Aminuddin --- Peneliti Senior Institute for Strategic and Development Studies (ISDS)--- Di awal tahun 2021 ini Kemendikbud telah merelease tekadnya untuk melanjutkan apa yang disebutnya sebagai transformasi pendidikan dan pemaju...
Sabtu, 16 Januari 2021 19:54 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*50. Wa-idz qulnaa lilmalaa-ikati usjuduu li-aadama fasajaduu illaa ibliisa kaana mina aljinni fafasaqa ‘an amri rabbihi afatattakhidzuunahu wadzurriyyatahu awliyaa-a min duunii wahum lakum ‘aduwwun bi/sa lil...
Sabtu, 26 Desember 2020 12:03 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Wono...