Selasa, 15 Oktober 2019 19:32

Kaskoarmada II Tutup TMMD ke-103 Tahun 2018 di Pamekasan

Selasa, 13 November 2018 22:43 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Erri Sugianto
Kaskoarmada II Tutup TMMD ke-103 Tahun 2018 di Pamekasan

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Kepala Staf Koarmada (Kaskoarmada) II, Laksamana Pertama TNI Ahmadi Heri Purwono, S.E., M.M., mewakili Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) II, Laksamana Muda TNI Mintoro Yulianto, S.Sos., M.Si., secara resmi menutup kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-103 Tahun 2018 yang dilaksanakan di Kodim 0826/Pamekasan Madura. Selasa (13/11/2018).

Salah satu kegiatan operasi militer selain perang dari TNI kepada rakyat Indonesia ini telah dilaksanakan secara serentak sejak 15 Oktober 2018 lalu. Tercatat 50 desa yang berada di 50 kabupaten atau kota di seluruh Indonesia menjadi sasaran TMMD yang kali ini mengusung tema “TNI Manunggal Rakyat dalam Mewujudkan Desa yang Maju, Sejahtera dan Demokratis.”

Ribuan anggota TNI bersama dengan anggota Polri, dan juga aparat Pemda setempat, serta segenap komponen masyarakat terlibat langsung dalam kerjasama pembangunan beragam fasilitas desa yang menjadi sasaran TMMD kali ini .

Sementara itu dalam amanat tertulis Kepala Staf Angkatan Darat selaku Penanggung Jawab Operasional TMMD, Jenderal TNI Mulyono yang dibacakan Kaskoarmada II menyampaikan, bahwa kegiatan TMMD merupakan refleksi kekuatan yang sangat besar dari segenap komponen bangsa, yang memiliki visi, misi dan tujuan bersama guna mengatasi berbagai persoalan pembangunan serta problematika kesejahteraan masyarakat.

Pelaksanaan TMMD ke-103 ini diarahkan untuk mencapai sasaran pembangunan fisik dan non-fisik. Dari segi pembangunan fisik, Satgas TMMD beserta seluruh komponen masyarakat secara nasional telah melaksanakan pembangunan infrastruktur pedesaan, berupa pembukaan 52 km jalan baru, serta peningkatan badan jalan dengan panjang total 326 km.

Selain itu, dilaksanakan juga pembangunan dan rehabilitasi puluhan jembatan, rumah ibadah, dan sekolah, serta perbaikan rumah-rumah tidak layak huni dan berbagai prasarana sanitasi untuk masyarakat.

Di samping pembangunan fisik, TNI bekerja sama dengan Kementerian Dalam Negeri juga telah memberikan penyuluhan dan pelatihan kepada aparat-aparat desa, dengan harapan dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam mengelola dana desa sebagai bagian dari pembangunan non-fisik, yang juga diwujudkan melalui penyuluhan kesehatan, metode bertani dan beternak modern, serta sosialisasi hukum, bahaya narkoba, maupun kesadaran Bela Negara.

TMMD kali ini juga telah mewujudkan sinergi dan kerja sama antara 8 Lembaga Pemerintah setingkat Kementerian. Tercatat bahwa Kementerian Agama turut berkontribusi dalam pemberian bantuan kitab suci Al-Qur’an. Selain itu, Kementerian Perindustrian juga memberikan bantuan semen dan material untuk pembangunan jalan dan rehabilitasi rumah.

Sementara Dandim 0826 Pamekasan yang sekaligus Komandan Satgas TMMD berharap hasil pembangunan infrastruktur yang telah dilakukan oleh Satgas TMMD bersama masyarakat dan komponen lainnya dapat dijaga dengan baik sehingga hasil pembangunan itu bisa bertahan lama dan tidak rusak.

“Semoga semua hasil karya yang dilaksanakan Satgas TMMD ke-103 di Desa Pasanggar dapat benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Mudah-mudahan ke depan Desa Pasanggar bisa mandiri dan maju,” pungkasnya.

Sedangkan Kepala Desa Pasanggar Abd. Hadi mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya terhadap TNI-Polri, khususnya Kodim 0826/Pamekasan.

"Alhamdulillah dengan adanya TMMD ke-103 di desa kami pembangunan sarana dan prasarana serta berbagai bantuan dapat bermanfaat bagi masyarakat desa pasanggar," tuturnya setelah acara penutupan TMMD tersebut. (*/err/rev)

Sumber: Dispen Koarmada II
Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Minggu, 13 Oktober 2019 23:15 WIB
BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur memiliki wisata unik berbasis minyak dan gas bumi (Migas), tepatnya di Desa Wonocolo, Kecamatan Kedewan, Kabupaten Bojonegoro.Di desa ini terdapat ratusan sumur minyak tua peninggal...
Senin, 14 Oktober 2019 10:04 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan*Rayap, dalam Kamus Besar Bahasa Indonesa (KBBI), mengandung dua arti. Pertama, rayap adalah serangga (seperti semut) berwarna putih tidak bersayap. Kedua, rayap berarti orang yang mengeruk kantong orang lain.Dalam berbagai ...
Minggu, 06 Oktober 2019 22:56 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*70. Walaqad karramnaa banii aadama wahamalnaahum fii albarri waalbahri warazaqnaahum mina alththhayyibaati wafadhdhalnaahum ‘alaa katsiirin mimman khalaqnaa tafdhiilaan.Dan sungguh, Kami telah memuliakan ...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...