Ketika Dua Keluarga Pahlawan Santri Berjumpa di Sumur Eksplorasi ENC-02

Ketika Dua Keluarga Pahlawan Santri Berjumpa di Sumur Eksplorasi ENC-02

SUMENEP, BANGSAONLINE.com - Kegiatan pengeboran Sumur Eksplorasi ENC-02 milik Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) PT. Energi Mineral Langgeng (EML) di Desa Tanjung, Kecamatan Saronggi, Kabupaten Sumenep, ternyata menyimpan banyak cerita. Salah satunya, perjumpaan dua keluarga besar pahlawan nasional asal Jawa Timur, yaitu keluarga KH Muhammad Hasyim Asy'ari dan Abdul Halim Perdanakusuma.

PT. EML adalah perusahaan yang dimiliki oleh Wakil Pengasuh Pesantren Tebuireng KH Abdul Hakim Mahfudz atau akrab disapa Gus Kikin. Perusahaan ini mengelola wilayah kerja South East Madura Block, East Java.

Enam tahun lalu, Pengasuh Pesantren Tebuireng, Jombang, KH Salahuddin Wahid (Gus Sholah), dalam sambutannya pada peresmian penajakan Sumur Eksplorasi ENC-01 PT. EML mengatakan, sumur tersebut adalah sumur migas pertama di Indonesia yang dimiliki oleh santri.

"Ananda Kikin ini adalah keponakan saya. Neneknya adalah kakak tertua ayah saya. Jadi, ibunya adalah sepupu saya. Ini sumur minyak dan gas pertama di Indonesia yang dimiliki oleh santri," kata kiai alumnus Institut Teknologi Bandung itu, Selasa (3/4/2012).

Kikin adalah putra KH Mahfudz Anwar dari Pondok Pesantren Seblak, Jombang, yang dikenal sebagai ahli falak. Neneknya, Nyai Hj. Khoiriyah Hasyim, adalah putri tertua Hadratus Syaikh Hasyim Asy'ari yang diperistri oleh KH. M Ma'shum Ali (ahli ilmu alat atau nahwu dan shorof, falak, fikih, dan hadits).

"Saya bersyukur karena sekarang ada santri yang punya sumur minyak sendiri. Selama ini kebanyakan santri kan baru bisa jual minyak eceran," kelakar Kiai alumnus Institut Teknologi Bandung diiringi tawa hadirin.

Setelah melakukan pemboran Sumur Eksplorasi ENC-1, enam tahun yang lalu, PT. EML pun melanjutkan kegiatan eksplorasinya dengan melakukan pemboran Sumur Eksplorasi ENC-02 menggunakan Rig RDN 101 milik PT. Roda Drilling Nusantara (RDN). Penajakan sumur kedua ini dilakukan pada tanggal cantik, 9 September (9-9-2018) lalu.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO