Rayakan Idul Adha, EML Salurkan Qurban 4 Sapi di Desa Tanjung Sumenep

Rayakan Idul Adha, EML Salurkan Qurban 4 Sapi di Desa Tanjung Sumenep Suasana eksplorasi yang dilakukan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) PT Energi Mineral Langgeng (EML) di kawasaan Desa Tanjung Kecamatan Saronggi Kabupaten Sumenep Madura. Foto: istimewa

SUMENEP, BANGSAONLINE.com - Meski masih dalam tahap eksplorasi, Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) PT Energi Mineral Langgeng (EML) terus berusaha memperkuat komitmen pemberdayaan masyarakat di daerah operasinya. Kali ini, komitmen tersebut diwujudkan dalam bentuk penyaluran hewan qurban untuk masyarakat Desa Tanjung, Kecamatan Saronggi, Kabupaten .

"Tahun ini, kami menyalurkan empat ekor sapi melalui takmir masjid dan musala setempat. Sebelumnya, selama lima tahun kami baru bisa menyalurkan sapi untuk qurban melalui satu takmir masjid dan satu takmir musala saja," ujar Public Relation Coordinator EML Nur Hidayat, Rabu (22/8/2018) sore, usai menyerahkan bantuan hewan qurban kepada masyarakat Desa Tanjung.

Keempat takmir tersebut adalah Takmir Masjid Nurul Yaqin Dusun Nonggunong, Masjid Al-Hidayah Dusun Panglema, dan Masjid Taufiqurrahman Dusun Tanjung. "Satu lokasi penerima qurban lagi adalah Takmir Musala Miftahul Khoiri Dusun Tanjung, yang berada di dekat lokasi kegiatan pemboran Sumur ENC-2 PT EML," terangnya.

Peningkatan jumlah hewan qurban yang disalurkan itu, menurut Hidayat, menjadi bukti menguatnya komitmen pemberdayaan sosial EML kepada masyarakat setempat. "Meski tidak ada kegiatan operasi, selama 2013-2017 kami tetap menyalurkan hewan qurban kepada masyarakat. Kebetulan tahun ini berbarengan dengan adanya kegiatan operasi, jadi jumlah sapi yang disalurkan pun kami tambah," imbuh pria kelahiran Mojokerto ini.

Suparno, sesepuh Takmir Masjid Nurul Yaqin Dusun Nonggunong menuturkan, pihaknya sangat senang kali ini masyarakatnya mendapatkan bantuan hewan qurban dari EML. "Kami berdoa, semoga PT EML bisa segera beroperasi dan memberikan kemanfaatan yang lebih besar kepada masyarakat desa kami," ujarnya.

(Nur Hidayat saat menyerahkan hewan qurban kepada panitia qurban di Desa Tanjung Saronggi . Foto: istimewa)

Respons dan harapan senada juga diungkapkan pengurus Takmir Masjid Al-Hidayah Dusun Panglema. "Masyarakat di dusun kami menyambut baik adanya bantuan qurban sapi dari perusahaan. Terus terang, bantuan ini sangat bermanfaat bagi kami," tutur salah satu perangkat desa yang juga menjabat pengurus Takmir Masjid Al-Hidayah.

Terpisah, Ketua Takmir Masjid Taufiqurrahman Dusun Tanjung KH Hasan Basri menuturkan, pihaknya membagikan bantuan qurban itu utk 194 kepala keluarga yang ada di Dusun Tanjung. "Alhamdulillah, satu ekor sapi dari EML yang kami sembelih bisa dibagikan kepada 194 KK," ungkapnya.

Lihat juga video 'Perahu Pengangkut BBM Terbakar di Pelabuhan Gayam Sapudi Sumenep':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO