Pulihkan Trauma Korban Gempa dan Tsunami, Fadeli Perintahkan Tambah Posko Pelayanan Kesehatan

Pulihkan Trauma Korban Gempa dan Tsunami, Fadeli Perintahkan Tambah Posko Pelayanan Kesehatan Bupati Fadeli didampingi istrinya Mahdumah saat menghibur korban gempa menggunakan boneka jari.

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Setelah mengirim bantuan kemanusiaan sebanyak 39 truk untuk korban gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah, Pemkab Lamongan saat ini berkonsentrasi untuk memulihkan trauma warganya yang menjadi korban.

Bupati Fadeli perintahkan semua organisasi perangkat daerah (OPD) terkait untuk terlibat dalam kegiatan pemulihan trauma bagi warga Lamongan yang menjadi korban selamat, terutama untuk anak-anak.

Dia bersama Sekkab Yuhronur Efendi yang juga Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan sejumlah Kepala OPD, mengunjungi Desa Titik Kecamatan Sekaran, Jum’at (5/10).

Data terakhir, sebanyak 907 warga Desa Titik turut menjadi korban bencana gempa dan tsunami. Empat orang diketahui meninggal, sekitar 300 warga sudah dipulangkan kembali ke Desa Titik dan sisanya dalam proses pemulangan.

Sekitar 1.000 warga Lamongan sudah terdata mengungsi karena bencana tersebut. Mereka ini kemudian berangsur-angsur difasilitasi kepulangannya ke Lamongan Pemkab Lamongan juga mengambil inisiatif, menjemput warganya di Bandara Juanda Surabaya, untuk kemudian dipulangkan ke kampung halaman.

Saat di Balai Desa Titik, Fadeli perintahkan agar dibuka posko ketiga setelah yang ada di BPBD dan Dinas Sosial. Dia berharap di posko tersebut ada tenaga kesehatan yang memberikan pelayanan secara rutin.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO