Koarmada II Kirim Unsur Bantuan ke Lokasi Gempa Palu

Koarmada II Kirim Unsur Bantuan ke Lokasi Gempa Palu Pangkoarmada II Laksamana Muda TNI Didik Setiyono, S.E., M.M memberikan keterangan.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Setelah berhasil mendukung kegiatan sosial terhadap korban gempa Lombok, Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) II, Laksamana Muda TNI Didik Setiyono, S.E., M.M., kembali mengirimkan unsur-unsurnya menuju lokasi bencana gempa di Donggala, Palu, Sulawesi Tengah. Bantuan itu diangkut menggunakan KRI SBY-591 yang dilepas dari Dermaga Madura Barat , Surabaya, Rabu (03/10/2018).

KRI SBY-591 yang dikomandani Letkol Laut (P) Heru Syamsul Hidayat, S.Si., mengangkut 100 siswa dan 20 staf Kodiklatal beserta sejumlah bahan bantuan yang dihimpun oleh TNI Angkatan Laut dari Kodam V Brawijaya, , Lantamal V, PT dan CV mitra , Lanal Palu, Pemkab Lamongan, Pundi Amal SCTV dan Indosiar, serta masyarakat Jatim.

Adapun yang disumbangkan kurang lebih di antaranya berupa beras 10.235 kg, air mineral 2.012 dus, mie instan 1.290 dus, pakaian layak pakai 515 dus, selimut 70 dus dan pakaian bayi 2 dus, makanan ringan, pembalut dan popok bayi, serta masih banyak lagi bantuan lainnya.

Keberangkatan KRI SBY- 591 dan Satgas TNI dalam penanggulan bencana gempa bumi tsunami di Donggala dan Palu adalah bentuk tanggap segera TNI dalam meringankan beban para korban yang mengalami musibah tersebut.

Pangkoarmada II dalam wawancara dengan awak media mewakili keluarga besar TNI Angkatan Laut menyampaikan turut berduka cita atas peristiwa yang terjadi di Donggala, Palu.

"Semoga rekan-rekan kita yang terkena dampak musibah selalu diberikan perlindungan oleh Allah SWT. Pada prinsipnya yang kita lakukan ini atas perintah Panglima TNI dan Kasal, yang selama ini juga TNI AL terus memberikan bantuan-bantuan sejak pertama kali terjadi bencana di sana. KRI Layang-635 sudah standby di lokasi bencana. Kita kirimkan juga dari Lantamal VI sebanyak 2 Kapal Angkatan Laut (KAL) untuk melaksanakan evakuasi. Kita juga mengirimkan kapal rumah sakit KRI SHS yang berangkat dari Bali dengan mengangkut 93 personel tim medis gabungan dokter spesialis dan relawan," paparnya.

Sumber: *Dispen Koarmada II

Lihat juga video '​Koarmada II Gelar Vaksinasi Massal 20 ribu Dosis di Nganjuk':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO