Selasa, 26 Mei 2020 14:07

Koarmada II Kirim Unsur Bantuan ke Lokasi Gempa Palu

Rabu, 03 Oktober 2018 17:00 WIB
Editor: Redaksi
Wartawan: --
Koarmada II Kirim Unsur Bantuan ke Lokasi Gempa Palu
Pangkoarmada II Laksamana Muda TNI Didik Setiyono, S.E., M.M memberikan keterangan.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Setelah berhasil mendukung kegiatan sosial terhadap korban gempa Lombok, Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) II, Laksamana Muda TNI Didik Setiyono, S.E., M.M., kembali mengirimkan unsur-unsurnya menuju lokasi bencana gempa di Donggala, Palu, Sulawesi Tengah. Bantuan itu diangkut menggunakan KRI SBY-591 yang dilepas dari Dermaga Madura Barat Koarmada II, Surabaya, Rabu (03/10/2018).

KRI SBY-591 yang dikomandani Letkol Laut (P) Heru Syamsul Hidayat, S.Si., mengangkut 100 siswa dan 20 staf Kodiklatal beserta sejumlah bahan bantuan yang dihimpun oleh TNI Angkatan Laut dari Kodam V Brawijaya, Koarmada II, Lantamal V, PT dan CV mitra Koarmada II, Lanal Palu, Pemkab Lamongan, Pundi Amal SCTV dan Indosiar, serta masyarakat Jatim.

Adapun yang disumbangkan kurang lebih di antaranya berupa beras 10.235 kg, air mineral 2.012 dus, mie instan 1.290 dus, pakaian layak pakai 515 dus, selimut 70 dus dan pakaian bayi 2 dus, makanan ringan, pembalut dan popok bayi, serta masih banyak lagi bantuan lainnya.

Keberangkatan KRI SBY- 591 dan Satgas TNI dalam penanggulan bencana gempa bumi tsunami di Donggala dan Palu adalah bentuk tanggap segera TNI dalam meringankan beban para korban yang mengalami musibah tersebut.

Pangkoarmada II dalam wawancara dengan awak media mewakili keluarga besar TNI Angkatan Laut menyampaikan turut berduka cita atas peristiwa yang terjadi di Donggala, Palu.

"Semoga rekan-rekan kita yang terkena dampak musibah selalu diberikan perlindungan oleh Allah SWT. Pada prinsipnya yang kita lakukan ini atas perintah Panglima TNI dan Kasal, yang selama ini juga TNI AL terus memberikan bantuan-bantuan sejak pertama kali terjadi bencana di sana. KRI Layang-635 sudah standby di lokasi bencana. Kita kirimkan juga dari Lantamal VI sebanyak 2 Kapal Angkatan Laut (KAL) untuk melaksanakan evakuasi. Kita juga mengirimkan kapal rumah sakit KRI SHS yang berangkat dari Bali dengan mengangkut 93 personel tim medis gabungan dokter spesialis dan relawan," paparnya.

Selain itu, TNI AL juga sudah memberangkatkan KRI Makassar-590 yang membawa personel TNI AD sebanyak 1.100 orang, Relawan 350 orang, Polri 169 orang, kendaraan roda 4 sejumlah 48 unit, kendaraan roda 2 sejumlah 46 unit, dan bahan kontak.

Sebelum tiba di lokasi bencana, KRI SBY menuju Banjarmasin untuk muat alat berat dilanjutkan menuju Balikpapan untuk memuat peralatan berat lainnya, dilanjutkan menuju Palu mengangkut bahan kontak. Sebagai unsur bantu angkut cadangan, KRI Teluk Ende-517 telah disiapkan untuk membantu mengangkut bahan logistik lainnya.

Sedangkan sejumlah personel Lantamal V sudah mengirimkan personel yang tergabung dalam Satgas Kesehatan yang terdiri dari dokter, para medis juga mairinir sebanyak 42 personel yang terbagi di antaranya 6 tenaga dokter, 6 para medis, dibantu 29 pasukan marinir dari Yonmarhanlan V. Sebagai koordinator Lantamal VI Makassar berkolaborasi di bawah komando Pangkoarmada II untuk rencana pergerakan personel maupun KRI.

Hadir dalam acara tersebut, Kaskoarmada II Laksma TNI I N.G. Sudihartawan, S.Pi., M.M., Danguspurla Koarmada II Laksma TNI Erwin S. Aldedharma, S.E., M.M., M.Sc., para Asisten Pangkoarmada II, para Komandan Satuan jajaran Koarmada II, para Kasatker Koarmada II, dan para Komandan Unsur yang berada di pangkalan.

Sumber: *Dispen Koarmada II
Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Sabtu, 23 Mei 2020 12:36 WIB
Oleh: Firman Syah AliSaat ini gelar Habib sedang populer di Indonesia karena beberapa peristiwa. Diantaranya Insiden Habib Umar Abdullah Assegaf Bangil dengan mobil sedan mewah Nopol N 1 B diduga melanggar peraturan pemerintah tentang pembatasan sosi...
Sabtu, 23 Mei 2020 23:28 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*21. Unzhur kayfa fadhdhalnaa ba’dhahum ‘alaa ba’dhin walal-aakhiratu akbaru darajaatin wa-akbaru tafdhiilaanPerhatikanlah bagaimana Kami melebihkan sebagian mereka atas sebagian (yang lain). Dan kehidupan ...
Rabu, 13 Mei 2020 11:23 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <&...