KRI Surabaya-591 Siap Berangkatkan Bahan Bantuan ke Palu

KRI Surabaya-591 Siap Berangkatkan Bahan Bantuan ke Palu

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Komando Armada II mengirimkan KRI Surabaya – 591 dengan Komandan Letkol Laut (P) Heru Syamsul Hidayat, S.Si., beserta prajuritnya siap mengangkut dan mengantarkan bahan bantuan untuk korban gempa tsunami di Donggala dan Palu Sulawesi Tengah. 

Saat ini KRI SBY-591 masih bersandar di Dermaga Madura Barat Ujung Surabaya, Selasa (02/10/2018).

Sejumlah bahan bantuan yang telah masuk dan diterima oleh KRI SBY- 591 berupa bahan pangan beras, air mineral, mie instan, pakaian layak pakai, selimut dan pampers bayi. Adapun bahan bantuan tersebut dari TNI AL, TNI AD Kodam V/Brawijaya serta dari masyarakat umum. 

Hingga berita ini diturunkan KRI SBY-591 masih proses embarkasi baik logistik, material dan bahan berat yang diangkut oleh KRI dari jajaran Satuan Kapal Satfib (Satfib) ini akan dilepas besok.

Tujuan dari keberangkatan KRI SBY- 591 merupakan bentuk tanggap segera TNI dalam meringankan beban para korban yang mengalami musibah beberapa waktu yang lalu.

Sedangkan KRI Makassar- 590 telah memberangkatkan relawan yang onboard antara lain, personil dari TNI AD sebanyak 1.100 orang, relawan 350 orang, Polri 169 orang, kendaraan roda empat  48 unit, kendaraan roda dua 46 unit dan bahan kontak.

Esok, KRI SBY- 591 bertolak menuju Banjarmasin dan Balikpapan untuk muat alat berat seperti excavator dll, dan selanjutnya KRI SBY- 591 bergerak menuju Palu.

Sebelumnya, TNI AL juga sudah memberangkatkan KRI Layang-635, Pers Lantamal VI bergerak via jalur darat sudah berada di Palu tahap I untuk bantu Penyiapan Dermaga dan tugas dari Lanal Palu. Untuk personil Lantamal VI mendirikan posko dan sudah menerima bahan kontak dari berbagai instansi untuk dimuat di KRI yang akan digerakkan ke Palu.

Sedangkan Kapal Rumah Sakit KRI SHS-990 diberangkatkan dari Bali. Rencana sore ini langsung berangkat menuju Palu dengan mengangkut tim kesehatan, personil dan bahan kontak. (*/ian)

Sumber: *Dispen Koarmada II

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video '​Koarmada II Gelar Vaksinasi Massal 20 ribu Dosis di Nganjuk':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO