Ritual Bersih Desa Milangasri, Nguri-uri Budaya Leluhur

Ritual Bersih Desa Milangasri, Nguri-uri Budaya Leluhur Warga dan perangkat Desa Milangasri menggelar selamatan di petilasan desa.

MAGETAN, BANGSAONLINE.com - Bagi warga Kabupaten , khususnya yang berada di lereng Gunung Lawu, bulan Muharam atau Suro memiliki makna tersendiri dibandingkan dengan bulan lain dalam kalender Jawa.

Di Desa Milangasri, Kecamatan Panekan, guyup rukun antara masyarakat dan pemangku wilayah di tingkat desa diwujudkan dengan menggelar tradisi dalam bulan Suro, yakni bersih desa. Warga Milangasri percaya, prosesi bersih desa dapat menjauhkan warga desa dari bala (marabahaya) serta pagebluk (sumber penyakit).

Menurut Kepala Desa (Kades) Milangasri Anggit Ardianto, tradisi bersih desa merupakan kegiatan warga Milangasri peninggalan sesepuh desa. Anggit memastikan akan melestarikan dan menjaga amanah dari para pendahulu desa Milangasri.

"Tradisi ini jangan sampai ditinggalkan, karena ini adalah warisan nenek moyang yang harus kita lestarikan sampai anak cucu kita nanti," kata Anggit Ardianto, Jumat (21/9).

Tradisi bersih desa diawali keberangkatan seluruh penggawa desa dari rumah kades. Selanjutnya menuju sejumlah petilasan yang dipercaya titik awal berdirinya Desa Milangasri. Puncaknya, warga akan gotong royong menyelenggarakan wayang kulit serta pengajian di halaman kantor balai Desa Milangasri.

"Kegiatan bersih desa ini kita awali dengan doa bersama. Diteruskan selamatan di sejumlah petilasan Desa Milangasri bersama seluruh perangkat desa. Setelah itu, malam nanti (kemarin, red) akan digelar wayang kulit di halaman balai desa," jelas Anggit.

Anggit berharap dengan diadakan tradisi bersih desa tersebut ke depan seluruh warga Desa Milangasri selalu diberikan kerukunan, kesehatan, dan juga tanaman yang subur oleh Tuhan Yang Maha Esa.

Disamping itu, kegiatan yang diikuti warga masyarakat dan perangkat desa tersebut diharapkan dapat menjadi simbol pembersihan jiwa dan Desa Milangasri pada bulan Suro ini, hingga berdampak positif untuk warga desa. ”Semoga seluruh rakyat jauh dari malapetaka dan selalu tentram serta sejahtera," pungkas kades Milangasri. (ton/rd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO