Kajari: Dari Tiga Kegiatan Dispora Gresik di 2017, Kerugian Sementara Rp 200 Juta

Kajari: Dari Tiga Kegiatan Dispora Gresik di 2017, Kerugian Sementara Rp 200 Juta Kajari Pandoe Pramoekartika dan Kasi Intel Marzuki saat jumpa pers pasca penggeledahan kantor Dispora. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Gresik Pandoe Pramoekartika menyatakan, bahwa dalam kasus dugaan korupsi di Dispora ada kerugian sementara sebesar Rp 200 juta. Kerugian itu didapat dari audit tiga kegiatan di tahun 2017, yakni Gowes Pesona Nusantara, Car Free Day, dan Paskibraka dengan total anggaran Rp 5 miliar.

"Dari total anggaran Rp 5 miliar, sementara kerugian Rp 200 juta," ujar Pandoe Pramoekartika dalam jumpa pers usai penggeledahan kantor Dispora, Kamis (6/9/2018).

Diungkapkan Pandoe, anggaran Rp 5 miliar tersebut berasal dari APBD dan APBN tahun 2017. "Ini hanya kegiatan di tahun 2017 yang kami periksa," paparnya.

Dalam kesempatan itu, Pandoe memaparkan penggeledahan yang dilakukan pihaknya di Kantor Dispora setelah sebelumnya mendapatkan laporan dari masyarakat. "Jadi, setelah kami mendapatkan laporan dari masyarakat, langsung kami lakukan penyelidikan," terangnya.

Usai penggeledahan tersebut, Pandoe menyatakan pihaknya akan memanggil sejumlah pejabat Dispora. Di antaranya, Sekretaris Dispora Agus Setya Prambudi. "Mereka kami panggil sebagai saksi penggeledahan," terangnya.

Namun, dia menegaskan sejauh ini belum mengagendakan pemanggilan para saksi. "Belum. Nanti kami agendakan," kataya.

Karena itu, dia pun mengaku belum bisa berandai-andai siapa yang bertanggung jawab atas kasus tersebut dan siapa yang akan ditetapkan tersangka. "Belum ada tersangka, ditunggu saja," pintanya.

Hanya, Pandoe menyatakan, bahwa tak menutup kemungkinan jumlah kerugian negara dalam kasus dugaan korupsi tiga kegiatan di Dispora tersebut akan bertambah. "Sama seperti waktu kami menangani kasus BPJS. Awalnya kerugian Rp 500 juta, setelah dilakukan pemeriksaan saksi, kerugian naik mencapai Rp 2,451 miliar," pungkasnya. (hud/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO