Jelang Idul Adha, DKPP Pamekasan Gelar Pengawasan dan Pemeriksaan Hewan Kurban

Jelang Idul Adha, DKPP Pamekasan Gelar Pengawasan dan Pemeriksaan Hewan Kurban

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Menjelang Hari Raya Idul Adha 1439 H, Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Kabupaten Pamekasan mulai melakukan pengawasan dan pemeriksaan hewan kurban. Pemeriksaan itu dilakukan di beberapa titik yang biasa dijadikan lokasi penjualan dan penampungan ternak, Minggu (12/08).

Hal tersebut untuk mengantisipasi penyakit yang biasa ada pada hewan untuk kurban, terutama penyakit anthraks yang sangat berbahaya bagi manusia.

Kepala DKPP Kabupaten Pamekasan Bambang Prayogi, menyampaikan sampai saat ini pihaknya belum menemukan hewan yang terindikasi penyakit, termasuk penyakit anthraks.

“Namun tetap harus kami waspadai, karena mutasi hewan kurban dari daerah lain sangat mobile sekali, sehingga perlu kita awasi,” ujarnya Minggu (12/08).

Sejauh ini DKPP menerjunkan tim dengan formasi yang lengkap mulai dokter hewan, paramedis, hingga petugas yang biasa di lapangan. Selama itu juga tim tersebut sekaligus memberikan layanan yang siap dihubungi oleh masyarakat.

Dalam mengatasi berbagai permasalahan hewan ternak, pihaknya juga melayangkan surat ke tempat pemotongan hewan kurban, juga di masjid maupun tempat lainnya yang melaksanakan pemotongan hewan kurban.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO