Selasa, 16 Juli 2019 07:59

Kodim 0810 Nganjuk Gelar Lomba Hadrah Tingkat SMA dan Sederajat

Rabu, 01 Agustus 2018 22:20 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Bambang Dwi J
Kodim 0810 Nganjuk Gelar Lomba Hadrah Tingkat SMA dan Sederajat
Dandim 0810 Nganjuk Letkol Arh Sri Rusyono saat menikmati penampilan peserta lomba hadrah. foto: BAMBANG/ BANGSAONLINE

NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Kesenian musik hadrah menjadi budaya khas Bangsa Indonesia, khususnya pelajar di pondok pesantren.

Berlatarbelang itulah, Kodim 0810 Nganjuk melaksanakan lomba kesenian musik hadrah secara umum setingkat SMA, SMK, Aliyah sederajat.

Lomba yang diikuti 21 peserta itu dibuka langsung oleh Dandim 0810 Lekol Arh Sri Rusyono, bertempat di Gedung Wanita Nganjuk.

Dalam sambutannya, Sri Rusyono menyampaikan bahwa kegiatan yang dilaksanakan secara serentak di jajaran TNI AD se-Indonesia itu, bertujuan mengenalkan seni budaya yang masih melekat di podok pesantren agar bisa disenangi pelajar umum.

"Saya berterima kasih atas antusias pelajar yang telah mengikuti lomba hadrah, dan ini juga diikuti pelajar SMA," kata Rusyono, Rabu (01/08).

"Musik yang awalnya dari timur tengah tapi sangat dicintai masyarakat muslim Indonesia, setidaknya bisa mengasah kreativitas pada kesenian musik hadrah," tuturnya.

"Saya bangga dengan generasi Kita ternyata musik hadrah bisa dikomunikasikan dan menjadi pencapaian yang posistif, sekaligus mengasah kreativitas pelajar dalam berkesenian yang diperkenalkan para wali sembilan (songo)," ujar Rusyono.

Sementara Nilnalaila Mufida, salah satu peserta lomba dari ponpes Miftahul Ula Desa Nglawak Kertosono, menyambut baik dengan digelarnya lomba tersebut.

"Saya harap kepada pemerintah daerah agar kesenian musik hadrah bisa sering diperlombakan, sebagai motivasi generasi muda berikutnya dan berkesenian Islami," kata Nilnalaila.

Menurutnya, saat ini kesenian bangsa tidak kalah indah dengan kesenian budaya luar. Jika generasi sudah dikenalkan budaya lokal sejak masih duduk di bangku SD, maka akan muncul jenis kesenian yang lebih apik. (bam/ian)

Kamis, 11 Juli 2019 16:29 WIB
YOGYAKARTA, BANGSAONLINE.com - Siapa pun pasti tersenyum membaca nama tempat wisata ini. Maklum, identik alat vital wanita: “Tempik Gundul” yang artinya alat vital wanita tanpa bulu. Apalagi tulisan yang beredar di media sosial (medsos) juga d...
Minggu, 14 Juli 2019 13:13 WIB
Oleh: Dr. KH. M. Cholil NafisBaru saja, Kamis (12/7) saya berpartisipasi dalam kegiatan Bussiness Matching The 1st Pasific Exposition yang berlangsung pada 11 s.d. 14 Juli 2019 di Auckland, Selandia Baru.Pacific Exposition merupakan salah satu kontri...
Sabtu, 06 Juli 2019 15:08 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag57. Ulaa-ika alladziina yad’uuna yabtaghuuna ilaa rabbihimu alwasiilata ayyuhum aqrabu wayarjuuna rahmatahu wayakhaafuuna ‘adzaabahu inna ‘adzaaba rabbika kaana mahtsuuraanOrang-orang yang mereka seru itu, ...
Sabtu, 29 Juni 2019 14:36 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...