Tak Berizin, Warga Desa Bugasur Kedaleman Jombang Hentikan Penambangan Galian C

Tak Berizin, Warga Desa Bugasur Kedaleman Jombang Hentikan Penambangan Galian C Warga saat menduduki eskavator agar tidak beroperasi.

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Puluhan warga Desa Bugasur Kedaleman, Gudo, Jombang menduduki alat berat milik perusahaan tambang galian C. Aksi warga ini sebagai bentuk protes terhadap aktivitas tambang tanpa izin yang merusak lingkungan mereka.

Aksi protes ini dilakukan puluhan warga di area galian C Dusun Kedaleman, Desa Bugasur Kedaleman yang berada di bantaran sungai Konto. Sembari membentangkan poster, mereka menduduki sebuah alat berat yang biasa digunakan untuk menggali pasir.

Kepala Dusun Kedaleman Ninik Indrawati mengatakan, warga menggelar aksi protes lantaran aktivitas pertambangan galian C di wilayahnya itu dilakukan tanpa izin dari Pemkab Jombang.

Menurut dia, CV Moestaman Grup hanya mengantongi izin galian C di wilayah Kunjang, Kediri. Namun, perusahaan ini nekat mengeruk pasir hingga masuk ke wilayah Jombang. Memang area tambang pasir ini berada di perbatasan antara Kediri dengan Jombang.

"Izinnya tidak ada. Maka kami minta jangan mengeruk di wilayah kami. Alat berat supaya dipindahkan ke wilayah Kediri," kata Ninik kepada wartawan di lokasi, Sabtu (28/7).

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO