​Karapan Sapi Tanpa Kekerasan Masih Sulit Diterapkan di Madura

​Karapan Sapi Tanpa Kekerasan Masih Sulit Diterapkan di Madura Karapan sapi saat berlaga.

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Wacana tanpa kekerasan sepertinya sulit untuk diterapkan. Tradisi khas masyarakat Madura itu memang sudah terlanjur mendarah daging menggunakan alat semacam paku untuk mempercepat laju sapi mereka.

Hal tersebut diungkapkan Perwakilan Wilayah IV , Moh Muhyi. “Saya pikir sulit terlaksana, apalagi pada tingkat Piala Presiden atau yang dikenal dengan sebutan "Gubeng", umumnya masih menggunakan kekerasan,” ungkap Muhyi, Minggu (2/6).

Menurutnya, pada lapisan bawah seperti karapan tingkat kecamatan dan kawedanan justru masih menggunakan alat untuk mempercepat lari sapi, di mana hal tersebut dinilai sebagai kekerasan terhadap binatang tersebut.

Menurutnya, tanpa kekerasan mustahil terwujud selama masyarakat belum memiliki kesadaran pribadi untuk melaksanakannya. Di samping itu, tanpa adanya unsur paku atau kekerasan, sapi yang dijadikan karapan juga tidak akan melaju dengan cepat.

“Masalahnya, mayoritas pemilik sapi sudah terlanjur terbiasa dengan kekerasan,” tuturnya.

Muhyi berharap tanpa kekerasan bisa terlaksana di piala presiden yang akan dilaksanakan pada bulan Oktober 2018 mendatang. "Dengan kesadaran para pemilik sapi, saya optimis kerapan sapi tanpa kekerasan bisa terlaksana," pungkasnya. (err/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Haul Akbar di Masjid Nurul Huda Pamekasan, Satukan Generasi dan Santri Kiai Mattawi':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO