​KPU Bangkalan Pastikan Proses Pelipatan Surat Suara Sesuai Mekanisme

​KPU Bangkalan Pastikan Proses Pelipatan Surat Suara Sesuai Mekanisme Sekitar 25-30 orang per harinya melakukan pelipatan surat suara di GOR Saka Bangkalan.

BANGKALAN, BANGSAONLINE.com - mulai melakukan sortir dan pelipatan surat suara untuk pemilihan Gubernur Jatim (pilgub) dan Bupati Bangkalan (pilbup) di Gor Saka Jalan Halim Perdana Kusuma Bangkalan.

Menurut Ketua Divisi Logistik dan Keuangan  Tajul Anwar, pelipatan surat ini dimulai sejak Kamis (17/05/2018) untuk surat suara Pemilihan Gubernur 2018. Jumlah tersebut mengikuti perhitungan dari daftar pemilih tetap (DPT) 859.062 plus 2.5 persen.

"Jadi total sebanyak 881.500 surat suara selesai Minggu (20/05/18) memakan waktu tiga hari. Setelah disortir ada 27 lembar yang rusak dari total 442 dus, di mana per dus berisi 2.000 lembar surat suara," bebernya.

Untuk surat suara Pemilihan Bupati Bangkalan sedang proses pelipat dari hari Selasa (22/05/18) sampai sekarang. Dan jumlah surat suara sama persis total 881.500 seperti surat suara di pemilihan gubernur.

"Tidak bareng selesainya pelipatan surat suara tersebut karena beda tempat cetak. Untuk pilgub dicetak di Kudus, sementara yang pilbup dicetak di Jakarta, tapi yang jelas semua ini melaui lelang e-catalog yang lewat Lembaga Pengadaan Barang /Jasa Pemerintah (LKPP)," ungkap Tajul.

Ketua Fauzan Jakfar menyampaikan, proses pelipatan surat suara tersebut sudah melakukan pemberitahuan, yakni kepada institusi Kepolisian serta Panwaslu di tingkat kabupaten. 

Tajul menambahkan, tahapan ini agar bisa diketahui serta secara khusus diawasi sehingga proses sortir serta pelipatan sesuai mekanisme yang telah ditentukan. 

"Kami tentu menyampaikan terimakasih kepada rekan-rekan Panwaslu, termasuk beberapa panwas dari berbagai kecamatan. Terlebih kepada kepolisian dari Polres Bangkalan, yang telah melakukan penjagaan dan pengamanan," pungkas Fauzan. (uzi/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO