Khofifah-Emil Rebut Hati Generasi Milenial

Khofifah-Emil Rebut Hati Generasi Milenial CEO Alvara Research Center (ARC), Hasanuddin Ali saat memaparkan hasil survei. foto : istimewa.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur Indar Parawansa - Emil Dardak berhasil merebut perhatian pemilih milenial.

Keduanya menjadi calon yang paling banyak disuka dan dianggap layak memimpin Jawa Timur lima tahun mendatang. Hal tersebut terungkap dalam hasil survei yang diselenggarakan Alvara Research Center.

Adapun survei dilaksanakan pada 29 April - 5 Mei 2018 dengan menggunakan metode multistage random sampling, melalui wawancara tatap muka terhadap 800 responden yang berusia 17 tahun ke atas.

Responden tersebar secara proporsional di 38 Kabupaten/Kota di Jawa Timur. Survei tersebut mempunyai tingkat kepercayaan 95 persen, serta margin of error 3,46 persen.

Dalam survei tersebut, elektabilitas - Emil jauh meninggalkan Gus Ipul dan Puti. -Emil meraup suara sebesar 48 persen, sedangkan Gus Ipul-Puti hanya memperoleh 41,9 persen.

"Pasangan -Emil berhasil memikat pemilih milenial dan tua, -Emil unggul di kelompok usia 17 – 35 tahun dan usia di atas 46 tahun, sementara Gus Ipul-Puti hanya unggul di kelompok usia 36 – 45 tahun," ungkap Founder dan CEO Alvara Research Center Hasanuddin Ali, Rabu (23/5).

Hasanuddin memaparkan, di rentang usia 17-25 tahun elektabilitas -Emil mencapai 46,9 persen. Sedangkan di rentang usia 26 - 35 tahun -Emil meraih angka 54 persen.

Keunggulan -Emil juga terlihat di rentang usia 46-55 tahun dan 56 - 65 tahun, di mana pasangan nomor urut satu tersebut meraih angka masing-masing 47,2 persen dan 49,5 persen.

"Keduanya dianggap merupakan kombinasi pasangan ideal, di mana Indar Parawansa memiliki pengalaman dan usia yang matang sementara Emil Dardak adalah sosok intelektual dan mewakili generasi milenial," terangnya.

Begitu juga dalam hal program yang diajukan serta kualitas kepemimpinan, - Emil yang dianggap lebih baik dari Gus Ipul - Puti. (mdr/dur)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO