Rabu, 01 April 2020 08:33

Mengintip Kegiatan Santri Lansia Saat Bulan Ramadan di Jombang

Senin, 21 Mei 2018 09:23 WIB
Editor: Abdurrahman Ubaidah
Wartawan: Ronny Suhartomo
Mengintip Kegiatan Santri Lansia Saat Bulan Ramadan di Jombang
Ratusan lansia mengisi hari-hari selama ramadan dengan mondok di Ponpes Darul Ulum Jombang. Tampak sebagian dari mereka sedang membaca Alquran. foto: Rony Suhartomo/ BANGSAONLINE

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Suasana Pondok Pesantren Darul Ulum Rejoso, Jombang, Jawa Timur tak seperti biasanya saat bulan Ramadan tiba. Tak hanya santri remaja, namun salah satu pondok terbesar di Kota Santri ini juga dipenuhi ratusan wanita lansia.

Lantunan ayat suci menggema diseluruh sudut ruangan masjid. Nampak, puluhan wanita tua dengan khusyuknya membaca rangkaian firman Tuhan yang diturunkan ke Nabi Muhammad SAW itu. Ya mereka adalah para santri yang selalu memenuhi pondok pesantren ini kala bulan Suci Ramadan tiba.

Pengasuh Ponpes Darul Ulum KH Kholil Dahlan menuturkan, para wanita tua ini merupakan penganut metode zikir Tarikat Qadiriyah wa Naqsabandiyah. Setiap tahun, saat bulan Ramadan, mereka selalu datang ke Ponpes Darul Ulum Rejoso, Jombang untuk mendekatkan diri ke pada Tuhan.

“Orang-orang tua yang kita tampung di Ponpes Darul Ulum Ini, rata-rata pengikut metode zikir Tarikat Qadiriyah wa Naqsabandiyah. Secara tradisi sejak orang-orang tua mereka terdahulu itu memang selalu menghabiskan bulan Ramadan di Ponpes Darul Ulum ini,” tuturnya kepada wartawan, Senin (21/5/2018).

Ketua Majelis Ulama (MUI) Jombang itu menyampaikan, kedatangan mereka ke Ponpes Darul Ulum ini tidak lain untuk menimba ilmu agama di bulan Suci Ramadan. Hal itu sesuai yang dilakukan sejak para orang tua mereka terdahulu.

“Tujuannya kalau puasa, mereka ingin zikirnya itu disertai ibadah secara terus menerus, namanya suluk. Mereka tinggal di masjid, yang motivasi utamanya untuk mengintensifkan ilmu zikirnya itu,” terangnya.

Para lansia yang datang mondok ini tidak hanya berasal dari Kabupaten Jombang, saja. Melainkan daerah-daerah lain di Jawa Timur. Bahkan ada beberapa diantaranya yang berasal dari luar jawa.

“Dari berbagai daerah, dari luar jawa juga. Dari jawa juga ada, rata-rata dari Mojokerto, Kediri, dan Jombang sendiri,” papar KH Cholil sembari menyampaikan jika kegiatan mondok lansia ini dimulai sekitar tanggal 10 syaban sampai sekitar 17 Ramadan.

Selama mondok di Ponpes Darul Ulum, para lansia ini akan mendapatkan bimbingan keagaaman dari para kiai di ponpes tersebut. Mulai dari salat berjamaah lengkap dengan wiridannya.

“Kemudian dilanjutkan dengan amalan-amalan sunah, seperti salat duha, salat tahajud pada waktu malam, selanjutnya salat tarawih bakda isya. Disamping itu juga dikasih pengajian khusus, istilahnya ngrungu atau ceramah. Mereka mendengarkan, kalau kurang paham ada tanya jawab,” jelasnya.

Para santri ini juga tak dipungut biaya selama mondok. Hanya saja untuk kebutuhan makanan dan kebutuhan pribadi, mereka harus merogoh kantongnya sendiri. Namun, rata-rata para lansia ini mendapatkan dukungan dari keluarga mereka.

“Bekal mereka rata-rata dibiayai keluarganya. Jadi pondok hanya memberikan fasilitas pengajian dan bimbingan keagamaan dan tempat istirahat,” tandasnya.

Sementara itu, Solikhatin santri lansia asal Pare, Kabupaten Kediri mengaku sudah lima tahun mengikuti kegiatan tersebut saat bulan Ramadan tiba. Harapannya, ia bisa lebih mendekatkan diri kepada Tuhan.

“Sudah lima tahun. Untuk cari sangu buat besok ke akhirat. Kegiatannya kalau pagi ngaji sama pak kiai. Kalau tidak ada pak kiai ngaji sendiri. Ya mudah-mudahan nanti diterima sama Allah SWT,” tandasnya. (ony/dur)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Sabtu, 28 Maret 2020 14:13 WIB
Oleh: M Cholil NafisSaat saya wawancara di TV atau radio banyak pertanyaan tentang hadits yang menyebutkan bahwa orang yang meninggalkan jum’atan tiga kali berturut-turut jadi keras hatinya bahkan ada yang menyebut kafir dan wajib bersyahadat kemba...
Sabtu, 28 Maret 2020 23:26 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*85. Wayas-aluunaka ‘ani alrruuhi quli alrruuhu min amri rabbii wamaa uutiitum mina al’ilmi illaa qaliilaan.Dan mereka bertanya kepadamu (Muhammad) tentang ruh. Katakanlah, “Ruh itu termasuk urusan Tuhanku,...
Jumat, 20 Maret 2020 00:31 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...