Libur Isra Miraj, Puluhan Ribu Peziarah Penuhi Kompleks Makam Tebuireng Jombang

Libur Isra Miraj, Puluhan Ribu Peziarah Penuhi Kompleks Makam Tebuireng Jombang Para peziarah saat memadati kompleks pemakaman Tebuireng, Jombang, Sabtu (14/4/2018). Foto: RONI S/BANGSAONLINE

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Momentum ternyata membuat para umat muslim terus mendekatkan diri dengan sang Pencipta. Salah satun caranya yakni melakukan ziarah ke tempat-tempat ulama.

Seperti yang terlihat di Kawasan Wisata Makam di Ponpes , Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Sedari dini hari tadi, jumlah peziarah terus membludak. Ribuan orang dari berbagai daerah datang dan terus memadati lokasi makam Presiden ke-IV RI itu.

Mudir Ponpes , Jombang, Lukman Hakim menuturkan, jika dibanding hari biasa memang terjadi peningkatan jumlah peziarah dalam momentum liburan kali ini. Jika hari biasa, peziarah yang datang sekitar 1.000-2.000 orang.

“Kalau hari libur seperti ini bisa sampai 10.000 peziarah. Karena yang datang tidak hanya masyarakat, tapi anak-anak sekolah juga banyak,” katanya kepada wartawan, Sabtu (13/4).

Para peziarah ini mayoritas berasal dari Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Tapi ada juga dari Jawa Barat dan Sumatera. Rata-rata mereka sengaja datang untuk melakukan ziarah ke makam dan KH Hasyim Asy’ari.

Saat ini sudah banyak fasilitas yang disedikan untuk kebutuhan para wisatawan. Mulai dari lahan parkir, serta tempat kuliner yang disediakan masyarakat sekitar. Sehingga para peziarah semakin banyak karena merasa nyaman.

“Selain itu juga Museum Islam Nusantara. Meskipun belum bisa dikunjungi secara sempurna, tapi minimal mereka sudah melihat lokasinya. Tapi kalau sudah diresmikan saya kira itu menjadi salah satu tempat wisatawan tertarik ke , selain ziarah,” imbuhnya.

Sementara itu, salah seorang peziarah asal Kepung, Kabupaten Kediri, Devita Maya Puspa Hardini sengaja datang ke makam untuk melakukan ziarah. Wanita berusia 24 tahun ini mengaku datang bersama dengan rombongan.

“Kalau rombongan sudah 14 kali datang kesini. Hari ini ada tiga bus. Kami ke sini utamanya untuk ziarah ke sama Kiai Hasyim Asyari,” tandasnya. (ony/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Semua Agama Sama? Ini Kata Gus Dur':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO