Selasa, 26 Maret 2019 08:06

Libur Isra Miraj, Puluhan Ribu Peziarah Penuhi Kompleks Makam Tebuireng Jombang

Sabtu, 14 April 2018 13:15 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Rony Suhartomo
Libur Isra Miraj, Puluhan Ribu Peziarah Penuhi Kompleks Makam Tebuireng Jombang
Para peziarah saat memadati kompleks pemakaman Tebuireng, Jombang, Sabtu (14/4/2018). Foto: RONI S/BANGSAONLINE

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Momentum Isra Miraj ternyata membuat para umat muslim terus mendekatkan diri dengan sang Pencipta. Salah satun caranya yakni melakukan ziarah ke tempat-tempat ulama.

Seperti yang terlihat di Kawasan Wisata Makam Gus Dur di Ponpes Tebuireng, Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Sedari dini hari tadi, jumlah peziarah terus membludak. Ribuan orang dari berbagai daerah datang dan terus memadati lokasi makam Presiden ke-IV RI itu.

Mudir Ponpes Tebuireng, Jombang, Lukman Hakim menuturkan, jika dibanding hari biasa memang terjadi peningkatan jumlah peziarah dalam momentum liburan Isra Miraj kali ini. Jika hari biasa, peziarah yang datang sekitar 1.000-2.000 orang.

“Kalau hari libur seperti ini bisa sampai 10.000 peziarah. Karena yang datang tidak hanya masyarakat, tapi anak-anak sekolah juga banyak,” katanya kepada wartawan, Sabtu (13/4).

Para peziarah ini mayoritas berasal dari Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Tapi ada juga dari Jawa Barat dan Sumatera. Rata-rata mereka sengaja datang untuk melakukan ziarah ke makam Gus Dur dan KH Hasyim Asy’ari.

Saat ini sudah banyak fasilitas yang disedikan untuk kebutuhan para wisatawan. Mulai dari lahan parkir, serta tempat kuliner yang disediakan masyarakat sekitar. Sehingga para peziarah semakin banyak karena merasa nyaman.

“Selain itu juga Museum Islam Nusantara. Meskipun belum bisa dikunjungi secara sempurna, tapi minimal mereka sudah melihat lokasinya. Tapi kalau sudah diresmikan saya kira itu menjadi salah satu tempat wisatawan tertarik ke Tebuireng, selain ziarah,” imbuhnya.

Sementara itu, salah seorang peziarah asal Kepung, Kabupaten Kediri, Devita Maya Puspa Hardini sengaja datang ke makam Gus Dur untuk melakukan ziarah. Wanita berusia 24 tahun ini mengaku datang bersama dengan rombongan.

“Kalau rombongan sudah 14 kali datang kesini. Hari ini ada tiga bus. Kami ke sini utamanya untuk ziarah ke Gus Dur sama Kiai Hasyim Asyari,” tandasnya. (ony/ian)

Polda Jatim Gerebek Pabrik Makanan Ringan Berbahan Tawas dan Bumbu Kadaluarsa di Sidoarjo
Jumat, 15 Maret 2019 05:14 WIB
SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Tim Satgas Pangan Polda Jatim menggerebek pabrik produksi makanan ringan (snack) di Dusun Dodokan, Desa Tanjungsari, Taman, Sidoarjo, Kamis (14/3). Dalam penggerebekan ditemukan bahan baku berbahaya dan kadaluarsa y...
Selasa, 19 Februari 2019 16:59 WIB
BANGSAONLINE.com - Februari udah mau abis aja nih... Saygon Waterpark punya banyak banget promo menarik buat kalian di bulan Februari ini. Ayo... jangan sampai ketinggalan ya...1. Romantic Moment, Berdua Lebih HematBuat kalian yang dateng berdua sama...
H. Suparto Wijoyo
Rabu, 20 Maret 2019 10:57 WIB
Oleh: H. Suparto Wijoyo*PAPUA menghadirkan duka pada saat yang nyaris setarikan nafas panjang atas tragedi yang menimpa Jamaah shalat Jumat di Masjid An Noor, Christchurch, Selandia Baru, Jumat 15 Maret 2019. 49 orang tewas akibat pemberondongan...
Sabtu, 23 Maret 2019 12:18 WIB
Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag29. Walaa taj’al yadaka maghluulatan ilaa ‘unuqika walaa tabsuthhaa kulla albasthi fataq’uda maluuman mahsuuraanDan janganlah kamu jadikan tanganmu terbelenggu pada lehermu dan janganlah kamu terlalu mengul...
Dr. KH. Imam Ghazali Said.
Jumat, 01 Februari 2019 11:02 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...