Senin, 27 Mei 2019 03:00

Libur Isra Miraj, Puluhan Ribu Peziarah Penuhi Kompleks Makam Tebuireng Jombang

Sabtu, 14 April 2018 13:15 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Rony Suhartomo
Libur Isra Miraj, Puluhan Ribu Peziarah Penuhi Kompleks Makam Tebuireng Jombang
Para peziarah saat memadati kompleks pemakaman Tebuireng, Jombang, Sabtu (14/4/2018). Foto: RONI S/BANGSAONLINE

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Momentum Isra Miraj ternyata membuat para umat muslim terus mendekatkan diri dengan sang Pencipta. Salah satun caranya yakni melakukan ziarah ke tempat-tempat ulama.

Seperti yang terlihat di Kawasan Wisata Makam Gus Dur di Ponpes Tebuireng, Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Sedari dini hari tadi, jumlah peziarah terus membludak. Ribuan orang dari berbagai daerah datang dan terus memadati lokasi makam Presiden ke-IV RI itu.

Mudir Ponpes Tebuireng, Jombang, Lukman Hakim menuturkan, jika dibanding hari biasa memang terjadi peningkatan jumlah peziarah dalam momentum liburan Isra Miraj kali ini. Jika hari biasa, peziarah yang datang sekitar 1.000-2.000 orang.

“Kalau hari libur seperti ini bisa sampai 10.000 peziarah. Karena yang datang tidak hanya masyarakat, tapi anak-anak sekolah juga banyak,” katanya kepada wartawan, Sabtu (13/4).

Para peziarah ini mayoritas berasal dari Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Tapi ada juga dari Jawa Barat dan Sumatera. Rata-rata mereka sengaja datang untuk melakukan ziarah ke makam Gus Dur dan KH Hasyim Asy’ari.

Saat ini sudah banyak fasilitas yang disedikan untuk kebutuhan para wisatawan. Mulai dari lahan parkir, serta tempat kuliner yang disediakan masyarakat sekitar. Sehingga para peziarah semakin banyak karena merasa nyaman.

“Selain itu juga Museum Islam Nusantara. Meskipun belum bisa dikunjungi secara sempurna, tapi minimal mereka sudah melihat lokasinya. Tapi kalau sudah diresmikan saya kira itu menjadi salah satu tempat wisatawan tertarik ke Tebuireng, selain ziarah,” imbuhnya.

Sementara itu, salah seorang peziarah asal Kepung, Kabupaten Kediri, Devita Maya Puspa Hardini sengaja datang ke makam Gus Dur untuk melakukan ziarah. Wanita berusia 24 tahun ini mengaku datang bersama dengan rombongan.

“Kalau rombongan sudah 14 kali datang kesini. Hari ini ada tiga bus. Kami ke sini utamanya untuk ziarah ke Gus Dur sama Kiai Hasyim Asyari,” tandasnya. (ony/ian)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Selasa, 26 Maret 2019 21:54 WIB
MADIUN, BANGSAONLINE.com - KAI Daop 7 ajak beberapa wartawan wilayah Madiun, mulai dari wartawan cetak, online, dan televisi, ke tempat bangunan bersejarah Lawang Sewu dan Stasiun Ambarawa, Selasa (26/3). Kegiatan ini dilakukan selama dua hari (25-26...
Suparto Wijoyo
Rabu, 22 Mei 2019 11:24 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo*SAYA menyaksikan penuh kagum terhadap para kompetitor yang menyorong sekehendaknya. Dengan nyaman menikmati gelisah rakyat yang sangat mayoritas. Para promotor pertandingan tergiring dalam alun langkahnya dengan kosa laku yang...
Minggu, 26 Mei 2019 13:06 WIB
Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag42. qul law kaana ma’ahu aalihatun kamaa yaquuluuna idzan laibtaghaw ilaa dzii al’arsyi sabiilaanKatakanlah (Muhammad), “Jika ada tuhan-tuhan di samping-Nya, sebagai-mana yang mereka katakan, niscaya tuhan-t...
Dr. KH. Imam Ghazali Said
Jumat, 17 Mei 2019 16:44 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<...