​Begini Cerita Bripka Gaguk, Polisi yang Bantu Kelahiran Ibu dengan Gangguan Jiwa

​Begini Cerita Bripka Gaguk, Polisi yang Bantu Kelahiran Ibu dengan Gangguan Jiwa Bripka Gaguk Sugiarto bersama rekannya Bripka Tri Suryoko, saat mengantar seorang ibu dengan gangguan jiwa usai kelahiran

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Bripka Gaguk Sugiarto, anggota Polsek Lodoyo Timur sama sekali tak menyangka jika ia dan rekannya Bripka Tri Suryoko bisa membantu seorang ibu dengan gangguan jiwa melahirkan. Hal itu diungkapkan Bripka Gaguk saat dihubungi melalui sambungan telepon.

Menurutnya, saat itu kondisi ibu yang belakangan diketahui menderita gangguan jiwa itu terlentang di pinggir jalan. Saat didekati si ibu mengerang kesakitan. Saat dicek ternyata wanita yang terlihat mengenakan berpakaian kumal itu sedang berjuang mengalami kontraksi karena akan melahirkan.

Hanya berbekal pengalaman melihat istrinya melahirkan, dalam keadaan mendesak dan peralatan seadanya, Bripka Gaguk mengumpulkan keberanian untuk membantu proses persalinan. Karena kondisi ibu yang sudah mulai lemas serta bayi yang kepalanya sudah mulai keluar terlihat terlilit tali pusar.

"Saat itu kondisinya sudah sangat mendesak, kami mencari bidan gak ketemu. Petugas Puskesmas juga tak kunjung datang. Khawatir terjadi apa-apa saya mengumpulkan keberanian untuk membantu proses persalinan," ungkap Gaguk, Minggu (1/4).

Setelah bayi keluar ia meminta rekannya Bripka Tri untuk mengambil gunting dan tali rafia untuk mengikat tali pusar bayi. Kemudian ia membersihkan badan bayi dengan kaos dan langsung mengadzani bayi laki-laki itu. 

"Setelah itu langsung kami bawa ke Puskesmas untuk mendapatkan perawatan," jelasnya.

Bripka Gaguk menganggap apa yang ia lakukan bersama Bripka Tri Suryoko adalah bagian dari tugasnya sebagai polisi untuk mengayomi masyarakat. Terlebih ia merasa iba melihat ibu yang sedang berjuang melahirkan buah hatinya seorang diri. 

"Bagi kami tugas melayani masyarakat merupakan suatu kewajiban. Terlebih jika ada yang membutuhkan bantuan," pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, dua orang anggota Polsek Lodoyo Timur membantu persalinan ibu dengan gangguan jiwa di kawasan Hutan Kembangan Kelurahan kembangarum Kecamatan Sutojayan, Minggu (1/4) sekitar pukul 01.30 WIB. Saat ini ibu dan bayi laki-lakinya dilaporkan dalam kondisi stabil. (ina/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Ikuti Google Maps, Mobil Pikap di Blitar Dilewatkan Jembatan Bambu, Nyaris Terporosok':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO