Empat SMP di Kota Blitar Belum Bisa Laksanakan UNBK Mandiri

Empat SMP di Kota Blitar Belum Bisa Laksanakan UNBK Mandiri Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Blitar, Dindin Alinurdin.

KOTA BLITAR, BANGSAONLINE.com - Empat SMP Negeri di Kota Blitar tahun ini dipastikan belum bisa melaksakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Dari total sembilan lembaga SMP Negeri di Kota Blitar, empat di antaranya masih harus melaksanakan UNBK di lembaga sekolah lain.

"Semua sudah melaksanakan UNBK, namun ada empat lembaga yang sampai sekarang belum bisa melaksanakan UNBK mandiri di sekolahnya sendiri, dan masih harus menumpang ke lembaga sekolah lain," ungkap Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Blitar, Dindin Alinurdin, Selasa (20/3).

Menurut Dindin, berdasarkan data Dinas Pendidikan Kota Blitar, SMP negeri yang sudah siap melaksanakan UNBK secara mandiri tahun ini yakni SMPN 1, SMPN 2, SMPN 4, SMPN 8, dan SMPN 9. Sedangkan SMPN 3, SMPN 5, SMPN 6, dan SMPN 7, belum bisa menerapkan UNBK secara mandiri tahun ini. Untuk empat sekolah yang belim bisa melaksanakan UNBK mandiri Dinas Pendidikan, meminjam tempat di SMKN 3, SMK Katolik, dan SMK Islam.

"Kami sudah koordinasi dengan beberapa lembaga untuk pelaksanaan UNBK bagi lembaga SMP yang belum bisa melaksanakan UNBK secara mandiri," ujarnya.

Meski begitu, dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, jumlah SMP Negeri yang sudah bisa melaksanakan UNBK secara mandiri tahun ini bertambah. Tahun sebelumnya hanya ada tiga SMP yang siap melaksanakan UNBK secara mandiri. Sedangkan tahun ini, jumlah SMP yang siap melaksanakan UNBK secara mandiri ada lima sekolah.

Sejauh ini, diakui Dindin, memang ada sejumlah kendala yang membuat belum semua SMP negeri bisa melaksanakan UNBK mandiri. Salah satu kendala utama adalah masalah infrastruktur. Di mana sebagian SMP negeri di Kota Blitar belum memiliki fasilitas laboratorium komputer yang memadai untuk pelaksanaan UNBK.

"Kendala utama memang pada masalah infrastruktur. Sebagian sekolah belum memiliki laboratorium komputer," paparnya.

Saat ini, tahapan pelaksanaan UNBK masih perumusan materi. Sesuai rencana, pelaksanaan UNBK tingkat SMP akan dilakukan pada 23-28 April 2018. Dinas juga sudah melakukan simulasi pelaksanaan UNBK di sekolah. (ina)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO