Untuk Sterilisasi UNBK, SMAN 3 Jember Dilengkapi dengan CCTV

Untuk Sterilisasi UNBK, SMAN 3 Jember Dilengkapi dengan CCTV SMA Negeri 3 sudah menggunakan kamera CCTV untuk menjaga sterilisasi dan ketenangan siswa dalam mengerjakan soal ujian.

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Hari ini, Senin (1/4/2019), siswa-siswi SMA mulai mengikuti pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Salah satunya seperti yang dilaksanakan di SMA Negeri 3 Jember. Dalam pelaksanaan UNBK ini, SMA Negeri 3 sudah menggunakan kamera CCTV untuk menjaga sterilisasi dan ketenangan siswa dalam mengerjakan soal ujian.

"Perlu diketahui, di sekolah kami sudah terpasang 3 ruang lab komputer yang digunakan UNBK, dengan jumlah komputer ada sekitar 36 buah, 1 cadangan, 1 orang pengawas, 1 Proktor (asisten lab, red), dan 1 orang teknisi," kata Kepala SMA Negeri 3 Jember Rosyid Althaf saat dikonfirmasi.

Sementara itu, untuk pengawasan yang dilakukan kepala sekolah ataupun pihak lain, lanjut Rosyid, hanya diperkenankan melihat melalui layar televisi yang terhubung dengan kamera CCTV di masing-masing ruang lab.

"Yang tidak berkepentingan tidak boleh langsung ke ruang kelas untuk melihat ujian. Saya takutnya akan mengganggu konsentrasi siswa dalam mengerjakan soal. Bahkan bupati atau siapa pun yang datang ke sekolah kami, akan kami larang. Mereka hanya boleh melihat dari layar televisi ini," ujar kepala sekolah.

Sedangkan untuk teknis pelaksanaan, ujian dibagi 3 sesi, yang setiap sesinya diberi waktu sekitar 120 menit. "Karena disesuaikan dengan jumlah komputer yang ada, sedangkan jumlah siswa kami yang mengikuti ujian ada sekitar 312 siswa," terangnya.

Lebih lanjut, Rosyid menerangkan, untuk antisipasi adanya pemadaman listrik, pihaknya sudah berkomunikasi dengan pihak PLN Jember. "Selain itu kita antisipasi dengan pengadaan genset, sesuai dengan Juknis. Jadi kita berharap pelaksanaan ujian dapat berlangsung dengan aman," tandasnya. (yud/dur)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO