Server UNBK SMP Sempat Ngadat, Disdik Blitar Minta Siswa Tak Panik

Server UNBK SMP Sempat Ngadat, Disdik Blitar Minta Siswa Tak Panik

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Meski sempat ditunda lima belas menit, Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di Blitar hari pertama dipastikan berjalan lancar. Penundaan tersebut, lantaran sistem jaringan sempat terputus akibat adanya perbaikan dari server pusat yang ada di Jakarta.

Peserta UNBK mengaku sempat kaget dengan hal ini. Meski secara umum mereka tidak menemukan kendala yang berarti saat mengerjakan UNBK.

Sebelum dimulai, beberapa siswa yang mengalami kendala harus bersabar hingga server bisa kembali dibuka guna mengunduh token untuk mengerjakan naskah ujian. "Tadi sempat mati dua kali, trus molor sekitar 15 menit," papar Bashita Dewi Aisyah siswi SMPN 01 Kota Blitar, Senin (23/04/2018).

Meski waktu pengerjaan sempat mundur lima belas menit, namun hal itu tidak merubah jam ujian. Sesi pertama pelaksanaan ujian tetap berakhir pada jam 09.30 WIB.

Sementara Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Blitar Dindin Alinurdin mengatakan, tersendatnya jaringan pada pelaksanaan UNBK hari pertama terjadi pada server pusat. Sejumlah sekolah terpaksa harus mengundurkan jadwal pengerjaannya hingga server kembali bisa digunakan. Secara umum hampir seluruh sekolah di Kota Blitar mengalami kendala tersebut. Bahkan di sejumlah SMP, pengerjaan naskah ujian harus molor hingga 45 menit.

Beberapa sekolah yang mengalami gangguan dan terpaksa memundurkan jadwal ujian di antaranya SMPN 5, SMPN 7, SMPN 8, dan SMPN 9 yang rata-rata mulai mngerjakan naskah pada jam 08.44 WIB. "Mudah-mudahan kendala ini bisa menjadi evaluasi pelaksanaan UNBK tahun berikutnya. Kami berharap ujian berjalan lancar hingga hari terakhir," papar Dindin kepada wartawan.

Lebih lanjut ia juga mengimbau agar pihak sekolah maupun siswa siswi peserta ujian tidak panil saat server mengalami gangguan agar tidak berpengaruh oada psikos siswa saat mengerjakan soal ujian. (ina/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO