Bergaya Arsitektur Abad ke-19, Masjid Agung Kota Mojokerto Bikin Betah Para Musafir

Bergaya Arsitektur Abad ke-19, Masjid Agung Kota Mojokerto Bikin Betah Para Musafir Pesona Masjid Agung Al Fattah Kota Mojokerto tampak dari depan.

KOTA MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Masjid Agung Al Fattah yang letaknya di Alun-alun pusat kota itu memiliki daya tarik tersendiri selain digunakan sebagai tempat ibadah bagi umat Islam. 

Daya tarik itu terletak pada struktur dan gaya arsitektur pada abad ke-19. tak heran para musafir lebih memilih Masjid Agung Al Fattah untuk singgah lebih lama. Sebagai tempat singgahan untuk melakukan ibadah salat, Masjid Agung Al fattah juga dijadikan pesona pengambilan gambar bagi para musafir dan tamu-tamu lainnya.

Sudono, salah satu pengurus Masjid Agung Al Fattah menyampaikan, para musafir banyak berdatangan ke pada saat memasuki waktu salat, serta pada saat Bulan Ramadan. Warga di sini sampai kagum dengan banyaknya musafir yang datang untuk beribadah di ini. 

"Tujuan utama mereka adalah melakukan ibadah kepada Allah SWT serta istirahat sejenak. Kalau pada waktu Bulan Ramadhan, mereka melakukan sholat tarawih bersama dan iktikaf. Tahun lalu, banyak pengunjung yang datang Ramadhan. Meskipun sekarang musim hujan, para musafir dan masyarakat luar tetap antusias," ucap Sudono.

Masjid Agung Al Fattah ini dapat menampung sekitar 3.000 jamaah. Berbagai perbaikan serta rehab sedang dikerjakan di Masjid Agung Al Fattah guna kenyamanan bagi semua para jamaah dalam melakukan ibadah kepada Allah SWT. 

"Segala bentuk bantuan yang sudah masuk di pembangunan ini, telah banyak dapat membantu akan terlaksananya kegiatan rehab ini, meskipun kami masih mau menerima bantuan dari berbagai pihak,” jelas Sudono, 25/2.

Hendra, seorang musafir yang mengaku tinggal di Lamongan saat dijumpai BANGSAONLINE.com mengatakan, dia bersama teman lainnya selalu menyempatkan tinggal sejenak di ini untuk melakukan ibadah wajib. 

”Saat bepergian ke kediri dan kota lainnya, kami selalu mampir dulu di Masjid Agung Al Fattah untuk melakukan ibadah sholat, biasanya sehabis sholat, senantiasa tinggal sejenak. Kami selalu mampir di msjid ini,” kata Hendra 25/2," pungkasnya.

Kenyamanan di dalam ini, membuat para musafir menjadi menjadi betah untuk singgah berlama-lama usai melaksanakan salat wajib. Terlebih, di depan ada Alun-alun yang bagus dan ramai dikunjungi para wisatawan lokal. (ris/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'H Muhammad Faiz Abdul Rozzaq, Penulis Kaligrafi Kiswah Ka'bah Asal Pasuruan':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO