Sapa Warga Desa Tondowulan, Gus Syaf Kunjungi Perajin 'Genuk'

Sapa Warga Desa Tondowulan, Gus Syaf Kunjungi Perajin

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Calon Bupati Jombang Gus Syaf melanjutkan kampanyenya di wilayah utara. Kali ini ia mengunjungi kampung halamannya di Kecamatan Plandaan dan menyapa warga Kabuh, Jumat (23/2). Pertama kali yang dituju adalah Desa Tondowulan, Kecamatan Plandaan.

Di sini, mantan Kabiro Umum Setmil Presiden ini menyusuri dusun per dusun dengan jalan kaki. Saat sampai di Dusun Mambang, perhatiannya tertuju pada ibu-ibu yang tengah membuat genuk (gentong yang terbuat dari tanah liat). Ia lalu mendatangi wanita bernama Mujiati itu untuk melihat proses pembuatan genuk yang masih manual, yakni diputar menggunakan kaki.

Mujiati mengungkapkan bahwa dulu di desanya ada banyak perajin Genuk, namun seiring berjalannya waktu terus berkurang dan kini hanya tinggal tiga orang, termasuk dirinya. "Perajin genuk semakin sedikit karena mereka kesulitan pemasaran. Karena itu saya berharap ke depan ada perhatian dari pemerintah setempat untuk memberdayakan perajin tanah liat seperti kami," ujar Mujiati yang mengaku sudah 20 tahun membuat genuk.

Terkait hal ini, Gus Syaf menyampaikan bahwa dirinya sudah menyiapkan program ekonomi kerakyatan sebagai salah satu dari program unggulannya. "Program ini nantinya untuk mewadahi UMKM, termasuk seperti perajin genuk ini. Saya sudah merancang kartu wirausaha dan strategi pemasarannya," ujar Gus Syaf.

Usai di Kecamatan Plandaan, Gus Syaf mengunjungi Kecamatan Kabuh, tepatnya di desa Manduro. Di desa yang terletak di atas bukit ini, Gus Syaf juga mendatangi satu per satu rumah warga. Ia juga menyempatkan diri bersilaturahim ke rumah Kades Manduro, Jumalin. (rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO