Kemendag Kucurkan Rp 5,9 Miliar untuk Renovasi Pasar Tradisional di Pacitan

Kemendag Kucurkan Rp 5,9 Miliar untuk Renovasi Pasar Tradisional di Pacitan Aris Setyadi

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Para pedagang yang menempati sejumlah pasar tradisional di Pacitan, boleh bernafas lega. Pasalnya, pada Tahun Anggaran 2018, pemkab setempat bakal melakukan rehabilitasi tempat perniagaan mereka.

Kabid Pasar Daerah Dinas Perindag setempat Aris Setyadi membenarkan adanya rencana renovasi sejumlah pasar tradisional tahun ini. "Tahun ini kita mendapatkan bantuan dari Kementerian Perdagangan untuk kegiatan renovasi sejumlah pasar. Alokasi anggaran tersebut masuk pada komponen dana alokasi khusus (DAK) fisik senilai Rp 5,9 miliar," ujar Aris, Minggu (11/2).

Menurutnya, anggaran miliaran rupiah tersebut sedianya akan dibagi menjadi 5 paket kegiatan jasa konstruksi. Di antaranya untuk Pasar Nawangan sekitar Rp 3 miliar lebih, Pasar Tulakan sebesar Rp 500 juta yang diperuntukkan pengeprasan teras pasar dengan tujuan mengurai kemacetan. Selain itu, juga Pasar Punung sebesar Rp 200 juta, Pasar Gondosari, serta Pasar Minulyo senilai kurang lebih Rp 1,25 miliar," jelasnya.

"Khusus untuk pasar Minulyo memang difokuskan untuk perbaikan atap yang selama ini banyak dikeluhkan pedagang. Terutama perbaikan talang serta pengecoran atap untuk menanggulangi kebocoran. Proses tender akan segera dilaksanakan setelah semua proses perencanaan selesai," tutur Aris pada pewarta.

Sementara dapat dilaporkan, meskipun ada kucuran dan bernilai miliaran rupiah, akan tetapi anggaran tersebut belum bisa memenuhi harapan Presiden Jokowi yang menargetkan 5.000 pasar tradisional harus tuntas dikembangkan tahun ini. (yun/rev) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO