Sabtu, 04 April 2020 23:09

Tolak Kilang Minyak Rosneft, Warga Remen-Mentoso Tuban Kompak Pasang Poster

Senin, 12 Februari 2018 01:18 WIB
Wartawan: Gunawan Wihandono
Tolak Kilang Minyak Rosneft, Warga Remen-Mentoso Tuban Kompak Pasang Poster
Tampak salah satu banner bertuliskan penolakan terhadap berdirinya kilang minyak New Grass Root Refinery (NGRR) tersebut, Minggu (11/2).

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Warga di Desa Remen dan Desa Mentoso, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban terus berupaya menolak berdirinya kilang minyak Rosneft di desa setempat.

Upaya-upaya dilakukan warga setempat dengan memasang berbagai atribut dan banner bertuliskan penolakan terhadap berdirinya kilang minyak New Grass Root Refinery (NGRR) tersebut, Minggu (11/2).

Berbagai tulisan berisi penolakan dipasang warga di sejumlah titik-titik strategis di sepanjang jalan masuk kedua desa tersebut, di antaranya bertuliskan:

'Rakyat digusur, Pabrik digempur'

'Kami tidak akan jual'

'Jangan paksa rakyat melepas tanah leluhur'

'Kami menolak kilang minyak!'

Salah satu warga setempat Aguk Nugroho mengatakan bahwa seluruh warga di dua desa kompak menolak rencana pembangunan kilang minyak.

Hal senada juga disampaikan Hudi Priyanto, pemuda asal Desa Mentoso. "Sebagian besar mata pencaharian warga sebagai petani, sehingga mereka tidak rela bila lahan pertanian yang menjadi sumber penghasilan mereka didirikan pabrik," katanya.

"Di kedua desa ini tidak ada kata-kata menjual tanah, karena warga di sini sudah trauma dengan proyek-proyek yang dulu. Warga sudah jenuh dengan proses pembebasan lahan untuk pabrik," pungkasnya.

Usai pemasangan berbagai atribut penolakan di pinggir jalan, warga melaksanakan ritual tolak balak atau menangkal bahaya dan bencana, dengan mengelilingi beberapa situs yang ada di desa tersebut. (gun/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Sabtu, 28 Maret 2020 14:13 WIB
Oleh: M Cholil NafisSaat saya wawancara di TV atau radio banyak pertanyaan tentang hadits yang menyebutkan bahwa orang yang meninggalkan jum’atan tiga kali berturut-turut jadi keras hatinya bahkan ada yang menyebut kafir dan wajib bersyahadat kemba...
Sabtu, 28 Maret 2020 23:26 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*85. Wayas-aluunaka ‘ani alrruuhi quli alrruuhu min amri rabbii wamaa uutiitum mina al’ilmi illaa qaliilaan.Dan mereka bertanya kepadamu (Muhammad) tentang ruh. Katakanlah, “Ruh itu termasuk urusan Tuhanku,...
Jumat, 20 Maret 2020 00:31 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...