Jumat, 24 Mei 2019 05:00

Warga Tujuh Desa di Bojonegoro - Tuban Dapat Pelatihan Merajut dari JOB P-PEJ

Selasa, 23 Januari 2018 23:07 WIB
Wartawan: Eky Nurhadi
Warga Tujuh Desa di Bojonegoro - Tuban Dapat Pelatihan Merajut dari JOB P-PEJ

BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Puluhan warga perwakilan dari tujuh desa di sekitar wilayah pengeboran minyak dan gas bumi (Migas) WK Blok Tuban dan Lapangan Sukowati Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, mengikuti program pengembangan ekonomi kreatif.

Kegiatan tersebut kerjasama antara Joint Operating Body Pertamina - Pertrochina East Java (JOB P-PEJ) dengan Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disperinaker) Pemkab Bojonegoro. Para peserta lebih banyak praktek mulai merajut sepatu, taplak meja, toples, serta pernik rumah tangga lainnya.

Murdaningsih, mentor yang memberi materi pelatihan tersebut mengatakan bahwa program rajut tersebut bisa menjadi alternatif ekonomi kreatif bagi masyarakat, khususnya ibu rumah tangga untuk menambah penghasilan. Salah satu bahan bekas yang digunakan adalah alas sepatu yang sudah rusak kemudian dirajut kembali.

"Bagi sosialita sepatu rajut ini menjadi pilihan. Nanti juga bisa bikin kardigan, taplak meja, toples, bad cover dan banyak lagi," jelasnya, Selasa (23/1).

Kepala Bidang Industri Kimia, Elektronika, Logam, Mesin, Tekstil dan Aneka Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Diperinaker), Siti Mutmainah mengatakan program ini merupakan tindaklanjut dari pelatihan yang sudah dilakukan sebelumnya.

"Output-nya setiap desa akan ada pusat industri kreatif hasil pembuatan mereka (warga)," jelasnya, Selasa (23/1).

Pelatihan tersebut digelar selama empat hari. Selain rajut, lanjut dia, program pelatihan pengembangan ekonomi masyarakat yang merupakan tanggung jawab perusahaan JOB PPEJ juga ada anyaman, batik tulis dan sablon.

"Pelatihan ini merupakan fokus pada penguatan praktek. Dari yang tidak bisa sama sekali merajut, hingga kemudian mahir," ucapnya.

Field Admin Superintendent JOB PPEJ Akbar Pradima menambahkan, kegiatan ini masuk pada pos anggaran tanggung jawab sosial perusahaan tahun 2017. "Kita bekerjasama dengan Disperinaker, Bojonegoro Creative Network (BCN) dan LPK Andre Bojonegoro," ujar Akbar menambahkan.

Peserta dari tujuh desa tersebut antara lain di Kabupaten Bojonegoro Desa Ngampel, dengan pelatihan anyaman, Desa Sambiroto, pelatihan batik tulis, dan Desa Campurejo pelatihan rajut dan sablon. Sedangkan dari perwakilan desa di Tuban, yakni Desa Rahayu, Bulurejo, Kebonagung, dan Desa Sokosari. (nur/rev)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Selasa, 26 Maret 2019 21:54 WIB
MADIUN, BANGSAONLINE.com - KAI Daop 7 ajak beberapa wartawan wilayah Madiun, mulai dari wartawan cetak, online, dan televisi, ke tempat bangunan bersejarah Lawang Sewu dan Stasiun Ambarawa, Selasa (26/3). Kegiatan ini dilakukan selama dua hari (25-26...
Suparto Wijoyo
Rabu, 22 Mei 2019 11:24 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo*SAYA menyaksikan penuh kagum terhadap para kompetitor yang menyorong sekehendaknya. Dengan nyaman menikmati gelisah rakyat yang sangat mayoritas. Para promotor pertandingan tergiring dalam alun langkahnya dengan kosa laku yang...
Sabtu, 18 Mei 2019 12:13 WIB
Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag41. Walaqad sharrafnaa fii haadzaa alqur-aani liyadzdzakkaruu wamaa yaziiduhum illaa nufuuraanDan sungguh, dalam Al-Qur'an ini telah Kami (jelaskan) berulang-ulang (peringatan), agar mereka selalu ingat. Tetapi (p...
Dr. KH. Imam Ghazali Said
Jumat, 17 Mei 2019 16:44 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<...