Selasa, 26 Maret 2019 08:07

Warga Tujuh Desa di Bojonegoro - Tuban Dapat Pelatihan Merajut dari JOB P-PEJ

Selasa, 23 Januari 2018 23:07 WIB
Wartawan: Eky Nurhadi
Warga Tujuh Desa di Bojonegoro - Tuban Dapat Pelatihan Merajut dari JOB P-PEJ

BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Puluhan warga perwakilan dari tujuh desa di sekitar wilayah pengeboran minyak dan gas bumi (Migas) WK Blok Tuban dan Lapangan Sukowati Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, mengikuti program pengembangan ekonomi kreatif.

Kegiatan tersebut kerjasama antara Joint Operating Body Pertamina - Pertrochina East Java (JOB P-PEJ) dengan Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disperinaker) Pemkab Bojonegoro. Para peserta lebih banyak praktek mulai merajut sepatu, taplak meja, toples, serta pernik rumah tangga lainnya.

Murdaningsih, mentor yang memberi materi pelatihan tersebut mengatakan bahwa program rajut tersebut bisa menjadi alternatif ekonomi kreatif bagi masyarakat, khususnya ibu rumah tangga untuk menambah penghasilan. Salah satu bahan bekas yang digunakan adalah alas sepatu yang sudah rusak kemudian dirajut kembali.

"Bagi sosialita sepatu rajut ini menjadi pilihan. Nanti juga bisa bikin kardigan, taplak meja, toples, bad cover dan banyak lagi," jelasnya, Selasa (23/1).

Kepala Bidang Industri Kimia, Elektronika, Logam, Mesin, Tekstil dan Aneka Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Diperinaker), Siti Mutmainah mengatakan program ini merupakan tindaklanjut dari pelatihan yang sudah dilakukan sebelumnya.

"Output-nya setiap desa akan ada pusat industri kreatif hasil pembuatan mereka (warga)," jelasnya, Selasa (23/1).

Pelatihan tersebut digelar selama empat hari. Selain rajut, lanjut dia, program pelatihan pengembangan ekonomi masyarakat yang merupakan tanggung jawab perusahaan JOB PPEJ juga ada anyaman, batik tulis dan sablon.

"Pelatihan ini merupakan fokus pada penguatan praktek. Dari yang tidak bisa sama sekali merajut, hingga kemudian mahir," ucapnya.

Field Admin Superintendent JOB PPEJ Akbar Pradima menambahkan, kegiatan ini masuk pada pos anggaran tanggung jawab sosial perusahaan tahun 2017. "Kita bekerjasama dengan Disperinaker, Bojonegoro Creative Network (BCN) dan LPK Andre Bojonegoro," ujar Akbar menambahkan.

Peserta dari tujuh desa tersebut antara lain di Kabupaten Bojonegoro Desa Ngampel, dengan pelatihan anyaman, Desa Sambiroto, pelatihan batik tulis, dan Desa Campurejo pelatihan rajut dan sablon. Sedangkan dari perwakilan desa di Tuban, yakni Desa Rahayu, Bulurejo, Kebonagung, dan Desa Sokosari. (nur/rev)

Polda Jatim Gerebek Pabrik Makanan Ringan Berbahan Tawas dan Bumbu Kadaluarsa di Sidoarjo
Jumat, 15 Maret 2019 05:14 WIB
SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Tim Satgas Pangan Polda Jatim menggerebek pabrik produksi makanan ringan (snack) di Dusun Dodokan, Desa Tanjungsari, Taman, Sidoarjo, Kamis (14/3). Dalam penggerebekan ditemukan bahan baku berbahaya dan kadaluarsa y...
Selasa, 19 Februari 2019 16:59 WIB
BANGSAONLINE.com - Februari udah mau abis aja nih... Saygon Waterpark punya banyak banget promo menarik buat kalian di bulan Februari ini. Ayo... jangan sampai ketinggalan ya...1. Romantic Moment, Berdua Lebih HematBuat kalian yang dateng berdua sama...
H. Suparto Wijoyo
Rabu, 20 Maret 2019 10:57 WIB
Oleh: H. Suparto Wijoyo*PAPUA menghadirkan duka pada saat yang nyaris setarikan nafas panjang atas tragedi yang menimpa Jamaah shalat Jumat di Masjid An Noor, Christchurch, Selandia Baru, Jumat 15 Maret 2019. 49 orang tewas akibat pemberondongan...
Sabtu, 23 Maret 2019 12:18 WIB
Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag29. Walaa taj’al yadaka maghluulatan ilaa ‘unuqika walaa tabsuthhaa kulla albasthi fataq’uda maluuman mahsuuraanDan janganlah kamu jadikan tanganmu terbelenggu pada lehermu dan janganlah kamu terlalu mengul...
Dr. KH. Imam Ghazali Said.
Jumat, 01 Februari 2019 11:02 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...