Buntut Kematian Unggas di Magersari, DKPP Mojokerto Curigai H5N1

Buntut Kematian Unggas di Magersari, DKPP Mojokerto Curigai H5N1 Mantri Hewan DKPP Rupan tengah menyemprot kandang ayam milik warga dengan disinfektan. Buntut dari pengaduan warga atas kasus kematian unggas secara mendadak.

KOTA MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Kasus kematian puluhan unggas di Kota Mojokerto kini tengah dalam pendalaman Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) setempat. Leading sektor yang membidangi pertanian, perikanan dan peternakan ini sempat mencurigai munculnya serangan wabah (H5N1).

Kasus kematian unggas itu terjadi di lingkungan Gununganyar, Kelurahan Gunung Gedangan, Lingkungan/Kecamatan Magersari. Belasan ekor ayam itu milik Kariman, Muliyat dan beberapa warga di Lingkungan Gunung Anyar.

"Masih kami adakan penelitian. Hasil lab nanti akan membuktikan apakah itu H5N1 atau yang lain," kata Kepala DKPP Bappy Dwi Prasetyawan, Selasa (23/1).

Atas laporan warga ini pihak DKPP langsung menerjunkan tim reaksi cepat (TRC) ke lokasi, untuk melakukan identifikasi dan antisipasi dengan melakukan penyemprotan dan pemeriksaan.

“Awalnya kita khawatir ayam yang mati itu diserang . Kasusnya ayam warga itu seperti terkena telo atau penyakit new castle diseases,” terangnya.

Happy juga mengatakan, pihaknya tetap melakukan penyemprotan langkah antisipasi yakni dengan penyemprotan disinfektan di sekitar lokasi. 

Dalam kesempatan itu ia mengimbau masyarakat agar selalu menjaga kebersihan kandang terutama dalam musim penghujan.

“Sekarang kan cuaca ekstrim dan setiap hari hujan, jadi kita himbau masyarakat menjaga kebersihan kandangnya jangan dibiarkan terlalu lembab,” terangnya.

DKPP juga menyiapkan tim reaksi cepat (TRC) untuk merespon laporan masyarakat. "Kami berharap masyarakat pro aktif, kalau ada hewan atau piaraan yang mati mendadak bisa melaporkan ke kami agar bisa segera kita tidak lanjuti,” pungkasnya. (yep/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Pastikan Harga Stabil Jelang Idul Adha, Wali Kota Mojokerto Sidak Pasar Hewan dan Bahan Pangan':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO