Siswa SMAN Kenduruan Terima Pelatihan Jurnalistik

Siswa SMAN Kenduruan Terima Pelatihan Jurnalistik Siswa SMA Negeri 1 Kenduruan saat mengikuti pelatihan jurnalistik oleh RPS Tuban.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Sebanyak 30 siswa SMA Negeri 1 Kenduruan, Kabupaten Tuban mengikuti pelatihan jurnalistik dasar yang digelar oleh para wartawan yang tergabung dalam Ronggolawe Pers Solidarity (RPS). Pelatihan ini diadakan di gedung laboratorium sekolah setempat selama dua hari, Rabu hingga Kamis (22-23/11).

Dalam pelatihan ini, para peserta diberi materi berupa pengetahuan dasar jurnalistik, mulai dari teknik menulis berita, teknik reportase dan wawancara, materi fotografi serta materi videografi dalam jurnalistik televisi. Selain itu, mereka juga melakukan praktek wawancara, mengambil foto jurnalistik, dan praktek terakhir menulis berita.

Ketua RPS Tuban, Khoirul Huda mengatakan, kegiatan ini digelar agar para siswa mengerti ilmu jurnalistik. Selain membuat berita, mengajar merupakan bagian dari peran wartawan dalam mendidik generasi bangsa.

Pelatihan jurnalistik kali ini RPS bekerja sama dengan PT Pertamina EP agar bersama-sama mencerdaskan generasi bangsa, terutama di dunia tulis menulis. "Semoga peran kami dapat berguna bagi siswa," kata Huda.

Ia berharap, setelah mengikuti pelatihan ini, para siswa dapat mengimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Terutama, dalam mengelola media sekolah maupun majalah dinding yang sudah ada.

"Sudah sepatutnya kepala sekolah dan guru turut membantu dalam mengeksplor kemapuan anak, khususnya di bidang karya jurnalistik," terangnya.

Kepala SMA Negeri 1 Kenduruan, Supriadi menyampaikan terimakasih kepada semua pihak yang sudah membantu dan perhatian pada siswa. Ia berharap pelatihan ini dapat mencetak bibit penulis yang handal.

"Melalui tulisan-tulisan dan ide yang dimunculkan, optimis para generasi bangsa bisa menjadi orang hebat. Jika telaten dan niat sungguh-sungguh, maka siswa yang ikut pelatihan ini akan menambah ilmu dan menjadi penerus bangsa yang hebat. Sebab, banyak sekali orang hebat dan orang tersebut suka menulis. Kami juga mengucapkan terimakasih kepada RPS yang sudha peduli terhadap anak didik kami," ungkapnya di hadapan siswa. (wan/rev) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO