30 Siswa Al Mustawa Soko Terima Pelatihan Jurnalistik dari RPS

30 Siswa Al Mustawa Soko Terima Pelatihan Jurnalistik dari RPS Suasana kegiatan pelatihan jurnalistik oleh RPS Tuban.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Sebanyak 30 siswa asal SMK Al Mustawa Prambontergayang, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban menerima dari Ronggolawe Press Solidarity (RPS) Tuban selama 2 hari mulai Senin hingga Selasa (8-9/10). Kegiatan ini bekerja sama dengan Pertamina EP Asset 4 Sukowati Field.

Ketua RPS Tuban, Khoirul Huda mengatakan, pelatihan ini diberikan kepada siswa agar mereka memiliki bekal ilmu jurnalistik. "Kegiatan ini adalah kepedulian Pertamina EP dalam dunia pendidikan, yang mana kegiatan ini menggandeng RPS," ujar Huda.

Dalam paparannya, Huda menjelaskan tentang tugas dan tanggung jawab wartawan, yakni di antaranya sebagai pengontrol sosial dan memberikan edukasi.

"Pengaplikasian edukasi inilah diwujudkan dengan . Sehingga, setelah menerima pelatihan diharapkan siswa bisa memperaktekkan ilmunya di lingkungan sekolah. Jika serius ikut pelatihan, maka siswa akan bisa mengelola media sekolah," tuturnya.

Sementara Legal and Relations Pertamina EP Asset 4 Sukowati Field, Tarmizi, mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian Pertamina EP kepada masyarakat sekitar, khususnya di bidang pendidikan.

"Kami berpesan peserta program sekolah jurnalistik serius dan komunikatif selama dua hari ke depan. Selain belajar menulis berita, materi penting lainnya adalah menjadi netizen yang cerdas. Dikarenakan di era digitalisasi ini, setiap orang leluasa menerima dan menyebarluaskan informasi," beber Tirmizi.

Sedangkan Kepala SMK Al Mustawa, Supaat, berterima kasih kepada RPS dan Pertamina EP Asset 4 Sukowati Field yang bersedia berbagi ilmu di lembaganya. Ia mengungkapkan jika selama ini sekolah belum pernah ada materi jurnalistik.

"Kerja sama antara SMK Al Mustawa, RPS, dan Pertamina EP semoga langgeng dan memberi nilai manfaat bagi semua. Yang terpenting ada tindaklanjutnya, supaya greget dan semangat anak-anak SMK terjaga," paparnya.

Sementara itu, Ridwan salah satu siswa SMK Al Mustawa mengaku senang bisa mengikuti pelatihan jurnlistik. "Semoga ilmu jurnalistik ini bisa bermanfaat," harapnya. (wan/dur/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO