Soal Limbah di Sawah Warga Campurejo, JOB PPEJ: Kami Sudah Membayar Ganti Rugi

Soal Limbah di Sawah Warga Campurejo, JOB PPEJ: Kami Sudah Membayar Ganti Rugi Akbar Pradima. foto: Beritajatim.com

BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Manajemen Joint Operating Body Pertamina - PetroChina East Java (JOB PPEJ) menanggapi keluhan Mustofa, warga Plosolanang, Kecamatan Bojonegoro, Kabupaten Bojonegoro, yang mengaku hasil panen sawahnya tidak maksimal akibat limbah air bercampur gas dari proyek migas Migas Lapangan Sukowati Pad A.

Field Admin Superintendent, Akbar Pradima, menegaskan bahwa keluhan tersebut merupakan kejadian pada bulan Mei 2017.

“Manajemen telah menindaklanjuti keluhan itu berupa ganti rugi panen dan memberikan bantuan pupuk untuk Pak Mustofa. Jadi kami menunjukkan kepedulian dan tanggungjawab,” kata Akbar Pradima.

Diberitakan sebelumnya, petani bernama Mustofa mengeluhkan limbah yang dihasilkan oleh JOB P-PEJ. Pasalnya limbah tersebut telah mencemari sawah miliknya sehingga hasil panennya tak maksimal. Selain itu dirinya juga mengeluhkan sikap JOB P-PEJ yang terkesan mengabaikan hal tersebut.

Ia mengeluhkan jika tanaman padinya yang baru ditanam tidak dapat tumbuh dan berbuah seperti biasanya. Mustofa menduga jika hal tersebut diakibatkan limbah yang dihasilkan oleh JOB P-PEJ.

"Sudah dapat dicek dan saya dapat ganti rugi. Tapi juga diberi surat pernyataan untuk tidak menuntut lagi, dan saya tolak surat pernyataan itu," kata Mustofa.

Menanggapi hal itu, Akbar Pradima mengatakan, kutipan yang tertuang dalam pemberitaan itu menunjukkan bahwa JOB PPEJ sudah memberi ganti rugi. “Pak Mustofa kan sudah mengakui telah menerima cek dan telah mendapat ganti rugi,” tegas Akbar Pradima.

Pada bagian lain, Akbar Pradima mengatakan, kini pihak JOB PPEJ sedang mempertimbangkan apakah perlu mengganti struktur tanah pada lahan milik Mustofa. “Bisa saja struktur tanahnya perlu diganti dengan yang baru. Itu tidak menjadi masalah. Tetapi semua harus paham, bahwa JOB PPEJ telah memberi ganti rugi dan bantuan pupuk,” katanya. (*/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO