‎Simulasi Gempa, Bupati Pacitan dan Dandim 0801 Bersama-sama Evakuasi Warga

‎Simulasi Gempa, Bupati Pacitan dan Dandim 0801 Bersama-sama Evakuasi Warga Bupati Indartato dengan Dandim 0801 Pacitan Letkol (kav) Aris Toteles, saat memberikan keterangan pers.

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Potensi gempa yang menimbulkan gelombang tsunami di wilayah pesisir selatan dengan kekuatan mencapai 8,5 skala richter (SR) dikhawatirkan benar akan terjadi. Karena itu BPBD setempat, pernah merilis‎ teori dasar 20 20 20 yang dimaknai, seandainya terjadi gempa selama 20 detik, maka ada waktu 20 menit untuk menyelamatkan diri menuju ketinggian minimal 20 meter. Hal inilah yang menjadi tolak ukur dasar dalam usaha mitigasi bencana.

Namun teori dasar tersebut kurang lengkap jika tidak dibarengi dengan simulasi lapangan yang melibatkan seluruh elemen masyarakat. Dalam usaha menyelamatkan warga masyarakat dari ancaman bencana tsunami tersebut, Kodim 0801 dan pemerintah kabupaten menggelar geladi lapang evakuasi korban.

Sedikitnya 800 warga masyarakat khususnya warga kecamatan kota turut serta dalam kegiatan tersebut.

"Kita sebagai aparat pemerintah wajib menjaga keselamatan masyarakat. Geladi lapang ini dalam rangka usaha menyelamatkan masyarakat agar tidak muncul korban lebih banyak lagi jika bencana benar terjadi," kata Bupati Indartato, Senin (6/11).

Sementara Dandim 0801 , Letkol (kav) Aristoteles Hengkeng Lawitang menjelaskan, geladi lapang ini dilaksanakan sebagai tahap awal memberikan edukasi secara berkesinambungan kepada masyarakat agar memahami bagaimana melakukan mitigasi seandainya terjadi musibah bencana alam sesungguhnya.‎

"Titik latihan baru dipusatkan di Kota , dengan pusat kumpul di lapangan Bangunsari. Sedangkan warga yang dievakuasi meliputi wilayah Desa Sirnoboyo sekitarnya, Kembang, Bangunsari, Tanjungsari, serta Kelurahan Ploso," jelasnya pada pewarta.

Selain masyarakat, gelar geladi lapang tersebut juga melibatkan badan usaha swasta. Komunitas RAPI juga turut serta dalam acara tersebut.‎ (pct1/yun/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO