​Gus Syaf dan Cak Nur Kandidat Cawagub Potensial Partai Demokrat

​Gus Syaf dan Cak Nur Kandidat Cawagub Potensial Partai Demokrat Renville Antonio, Sekretaris DPD Partai Demokrat Jatim saat jumpa pers di kantor DPD Partai Demokrat. Foto: DIDI/BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ikhtiar politik Khofifah Indar Parawansa menjadi kepala daerah di Provinsi Jawa Timur tinggal selangkah lagi. Sejumlah partai memastikan akan mengusung Menteri Sosial tersebut. Satu di antaranya adalah Partai Demokrat, yang isyarat dukungannya mengarah ke Ketua Umum PP Muslimat NU tersebut.

Kini langkah partai berlambang Bintang Mercy itu sudah mengarah untuk memilih kandidat Calon Wakil Gubernur yang mengerucut pada dua nama, yaitu Nurwiyatno atau Cak Nur (Inspektorat Jawa Timur) dan Dr. Syafiin atau Gus Syaf (Pamen Polri). Keduanya adalah dua dari enam kandidat yang mendaftar lewat DPD Partai Demokrat Jatim.

Sekertaris DPD Partai Demokrat Jatim Renville Antonio menyampaikan, DPD partai Demokrat Jatim sudah menyerahkan 7 nama cawagub ke DPP. Dari nama yang diajukan, 4 nama tidak melewati tahapan pendaftaran, tapi dari hasil survey.

"Total ada tujuh nama yang diajukan ke DPP untuk posisi cawagub yakni 2 nama yang sudah mendaftar dan menyerahkan sepenuhnya posisi apapun ke partai yakni Kombespol Syafiin (Gus Syaf) dan Nurwiyatno,” tutur Renville, Kamis (5/10).

Ketua Desk Pilkada DPD Partai Demokrat Jatim itu menambahkan, tiga nama lain berasal dari kalangan birokrat, yakni Heru Tjahjono. Bupati Tulungagung dua periode tersebut saat ini duduk sebagai Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan (Diskanla) Jatim. 

Selain itu, ada nama Harsono, Bupati Ngawi dua periode yang saat ini duduk sebagai Dirut RSU Dr Soetomo dan Saiful Rachman Kepala Dinas Pendidikan Jatim.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO