Tiga Kandidat Bacagub Jatim Daftar Lewat DPP Partai Golkar, Salah Satunya Khofifah

Tiga Kandidat Bacagub Jatim Daftar Lewat DPP Partai Golkar, Salah Satunya Khofifah

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) I Partai Golkar Jawa Timur secara resmi menutup proses pendaftaran bakal Cagub dan Cawagub Jatim pada Sabtu (19/8) silam. Namun bukan berarti peluang untuk maju sebagai bakal cagub dan cawagub dari partai berlambang pohon beringin itu sudah tertutup. Pasalnya, masih terbuka kesempatan mendaftar melalui Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar.

Ketua Harian DPD I Partai Golkar Jatim Freddy Poernomo mengakui ada beberapa nama yang mengambil formulir pendaftaran di DPP Golkar. Ini menambah sederet nama sebelumnya yang telah mendaftar di Dewan Pimpinan Daerah I Partai Golkar Jatim.

"Seandainya ada calon lain yang belum sempat mendaftar di daerah. Memang ada beberapa nama. Pak Idrus (Sekjen DPP Partai Golkar) yang telpon, kemarin Minggu. Ada dua atau tiga orang yang mendaftar," ujar Freddy, Kamis (14/9).

Kendati demikian, Ketua Komisi A DPRD Jatim itu belum mengetahui siapa saja nama yang mendaftar di DPP. Satu nama pasti yang diketahuinya adalah Menteri Sosial, Khofifah Indar Parawansa.

"Cuma bilang Khofifah daftar. Infonya gitu, saya percaya. Ya menurut saya tidak apa-apa itu kewenangannya," jelasnya.

Hanya saja hingga sekarang, pihaknya belum mengambil sikap terkait pendaftaran sejumlah nama di DPP. "Belum ada arahan lebih lanjut. Ini masih tunggu. Saya bilang tindak lanjut petunjuk di Jatim (terkait pendaftaran sejumlah nama, Red) belum dibales," kilahnya.

Diakuinya, pengurus pusat memang memiliki kewenangan sebagaimana juklak nomor 6. Dimana disebutkan didalamnya bahwa pendaftaran atau penjaringan di daerah dipersilahkan. Karena memang ini kewenangan daerah. Namun, terlepas dari itu, DPP juga memiliki kewenangan melakukan penjaringan. Sehingga pendaftaran lewat pengurus pusat tetap bisa dilakukan.

Dengan adanya tiga nama yang mendaftar di tingkat DPP. Ini berarti total sudah delapan calon telah mengambil formulir di partai berlambang pohon beringin tersebut. "Saya belum rapat rekomendasi nanti ke siapa. Kami masih tunggu Jakarta. Rapat soal Pilkada masih awal Oktober mendatang dengan Jakarta," bebernya.

Untuk diketahui, sampai pendaftaran bakal Cagub dan Cawagub yang diselenggarakan DPD I Partai Golkar Jatim ditutup, ada lima nama kandidat yang telah resmi mendaftar. Mereka adalah, Wagub Jatim, Saifullah Yusuf (Gus Ipul), Inspektur Pemprov Jatim, Nurwiyatno (Cak Nur), Pengurus DPD I PG Jatim, Mayjen TNI (purn) Istu Hari Subagio, Anggota DPR RI F- PG, Ir. Mohammad Ridwan Hisjam dan Pamen Mabes Polri, Kombes Pol. Dr. Syafiin, SH, MH, MM (Gus Syaf). (mdr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO