Minggu, 29 November 2020 18:27

Lepas 794 JCH, Bupati Tantri: Jaga Kesehatan, Semoga Menjadi Haji Mabrur

Minggu, 13 Agustus 2017 17:53 WIB
Wartawan: Andi Sirajudin
Lepas 794 JCH, Bupati Tantri: Jaga Kesehatan, Semoga Menjadi Haji Mabrur

PROBOLINGGO, BANGSAONLINE.com - Seakan sudah tradisi tahunan, Wisata Religi Miniatur Ka’bah Pantai Bentar menjadi tempat akhir persiapan pemberangkatan calon jamaah haji Probolinggo yang sebelumnya berkumpul di lima titik pemberangkatan. Keenam titik tersebut terbagi pada tiga wilayah barat, tengah dan timur yang meliputi; Kecamatan Kraksaan, Paiton, Gending, Tongas, Maron, dan Leces. Mereka secara bergelombang menuju titik akhir pelepasan oleh Bupati Probolinggo Hj. Puput Tantriana Sari, SE dengan didampingi anggota DPR-RI Drs. H. Hasan Aminuddin, M.Si.

Calon Jamaah Haji (CJH) Probolinggo tahun ini seluruhnya berjumlah 794 orang terbagi dalam Kelompok Terbang (Kloter) 51 dan 52 yang akan berangkat dari Embarkasi Surabaya. Kloter 51 sebanyak 445 CJH, 210 laki-laki dan 235 wanita dengan didampingi Ketua Kloter (TPHI) H. Taufik, M.Pd Kasi PendMa Kemenag, (TPIHI) Drs. H. Rosyadi Badar, M.Ag. (TKHI) dr. Islah, dr. Mas Yopy, dr. Ashar.

Sedangkan Kloter 52 merupakan gabungan CJH Kabupaten Probolinggo dan Kota Surabaya. Jumlah CJH Kabupaten Probolinggo di Kloter 52 sebanyak 349 CJH, 170 laki-laki dan 178 wanita. Meninggal satu orang atas nama Budi Hartono Bin Sawi, Dusun Krajan RT/RW 07/02 Ganting Kulon Kecamatan Maron.

Nantinya mereka akan didampingi penyuluh agama islam fungsional H. Syamsul Huda sebagai Ketua Kloter (TPHI), H. Mahalli Hasan, M.PdI (TPIHI), dr. Asih, dr. Andriana, dr. Haris (TKHI). Sekaligus kedua kloter tersebut juga akan dibantu lima orang (TPHD); KH. Abdul Wasik Hannan, Homisun (Pelayanan Bimbingan Ibadah), Suhartono, Andy Haryono dan Mohamad Faiz Mahfudz (Pelayanan Umum).

Kloter 51 akan tiba di Asrama Haji Sukolilo (AHES) pada Minggu (13/8) pukul 12.00, diberangkatkan ke Jeddah dengan Nomor Penerbangan SV 5111 pada hari Senin (14/8) Pukul 12.35 dan tiba di Bandara Jeddah Arab Saudi hari Senin (14/8) Pukul 18.45.

Kloter 52 akan tiba di Asrama Haji Sukolilo pada hari yang sama (13/8) pukul 14.00, lalu diberangkatkan ke Jeddah dengan Nomor Penerbangan SV 5113 pada hari Senin (14/8) Pukul 14.25 dan tiba di Bandara Jeddah Arab Saudi Pukul 20.45 Senin (14/8).

Setelah selesai melaksanakan Ibadah haji, Sabtu (23/9) pukul 06.55 waktu setempat, Jamaah haji Kloter 51 akan takeoff dari Bandara Madinah dan akan tiba kembali di Indonesia pada hari yang sama pukul 21.40 dengan Nomor Penerbangan SV 5612. Sementara Kloter 52, terbang dari Madinah Sabtu (23/9) pukul 08.55 dan akan tiba di tanah air pukul 23.40 di hari yang sama dengan Nomor Penerbangan SV 5614.

Secara simbolis Bupati Probolinggo Hj. Tantriana Sari didampingi H. Hasan Aminuddin melepas pemberangkatan CJH Kab. Probolinggo bersama jajaran Muspida Kabupaten Probolinggo, Kepala Kankemenag H. Santoso, Kasi PHU H. Mukhlason. Hadir pula petugas TPHI, TPIHI, TKHI, TPHD, seluruh Karom dan Karu serta tokoh agama turut menyaksikan pelepasan jemaah.

Dalam pesannya, H. Hasan Aminuddin mengingatkan agar CJH tetap menjaga kesehatannya baik ketika pemberangkatan maupun ketika berada di Mekah-Madinah. "Pergunakanlah waktu dengan baik, senantiasa beribadah dan melakukan amaliyah yang mengarah pada taqarrub kepada Allah, hingga pada pelaksanaan ibadah haji lakukanlah dengan baik dan ikhlas karena Allah SWT," imbaunya.

“Jangan pernah mengeluh karena lelah dan capek. Lakukanlah ibadah dengan ikhlas dan ibadah haji memang merupakan ibadah fisik. Karenanya senantiasa berdoa kepada-Nya agar kita diberikan kesehatan dan fisik yang prima sehingga hajinya maqbul dan mabrur,” tutup Anggota DPR-RI Komisi VIII yang juga Mustasyar PCNU Probolinggo - Kraksaan ini.

Sedangkan dari ASN kemenag yang berangkat tahun ini ada dari penyelenggara syariah, pengawas dan guru di antaranya adalah; Haris Hikmawan, Sholehudin, Moh. Amin, Suhartono, M. Urif, Abd. Yazid, Lilik Farida Hawa, Roudatus Sa’adah, Nur Azzah, St. Nur Tamami, Kholika, Tabil, Khoiratur Rosyidah. Dan mereka sudah mengajukan cuci haji dan sudah ditandatangani oleh kepala kemenag. (ndi/adv)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Jumat, 20 November 2020 22:13 WIB
SUMENEP, BANGSAONLINE.com - Berbicara tentang destinasi wisata di Kabupaten Sumenep memang tak pernah sepi. Selain memiliki sejumlah tempat wisata religi dan budaya, kabupaten yang berada di ujung timur Pulau Madura ini juga memiliki segudang destina...
Sabtu, 28 November 2020 22:34 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Nahdlatul Ulama (NU) punya khasanah (bahasa) baru: Neo Khawarij NU. Istilah seram ini diintroduksi KH Imam Jazuli, LC, MA, untuk mestigmatisasi kelompok kritis NU: Komite Khittah Nahdlatul Ulama (KKNU). Khawarij ...
Sabtu, 28 November 2020 15:26 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*39. walawlaa idz dakhalta jannataka qulta maa syaa-a allaahu laa quwwata illaa biallaahi in tarani anaa aqalla minka maalan wawaladaanDan mengapa ketika engkau memasuki kebunmu tidak mengucapkan ”Masya Allah, ...
Sabtu, 28 November 2020 12:00 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...