Senin, 21 Juni 2021 01:49

Pesan Bupati Tantri saat Gelar Safari Haji: Jaga Kesehatan dan Semoga Jadi Haji Mabrur

Kamis, 13 Juli 2017 22:29 WIB
Wartawan: Andi Sirajuddin
Pesan Bupati Tantri saat Gelar Safari Haji: Jaga Kesehatan dan Semoga Jadi Haji Mabrur
Bupati Tantri bersama suaminya saat Safari Haji.

PROBOLINGGO, BANGSAONLINE.com - Menjelang keberangkatan Calon Jamaah Haji (CJH) Kabupaten Probolinggo ke Tanah Suci, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo menggelar safari haji ke sejumlah aparat pemerintah di lingkungan Pemkab Probolinggo yang akan menunaikan ibadah haji tahun ini, Rabu (12/7) hingga Rabu (2/8) mendatang.

Safari haji ini dipimpin langsung oleh Bupati Probolinggo Hj P. Tantriana Sari SE didampingi suaminya yang juga sebagai anggota Komisi VIII DPR RI Drs H Hasan Aminuddin M.Si. Turut mendampingi Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Probolinggo Santoso serta sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Probolinggo.

Kegiatan safari haji yang dimulai pukul 10.00 WIB ini mempunyai maksud untuk memberikan dukungan moral dan doa kepada CJH. Safari haji yang dilaksanakan sejak tahun 2003 tersebut telah menjadi agenda rutin Pemkab Probolinggo untuk mendoakan calon tamu Allah dari kalangan ASN sekaligus mempererat jalinan silaturahmi dan ukhuwah Islamiyah.

Bupati Probolinggo, Hj. Tantriana Sari SE mengatakan safari haji memang sudah menjadi agenda rutin. "Kita turun ke para calon tamu Allah. Ini juga bagian untuk mencari barokah Mekkah dan Madinah. Mereka kan semua tamu Allah SWT yang akan menunaikan kewajibannya. Ini sangat penting sebagai bagian dakwah dan syiar Islam," ujar Tantri.

BACA JUGA : 

Inspiratif, Daftarkan Haji Ibunda, Pengamen di Probolinggo Diapresiasi Gubernur Jatim

Bupati Tantri Sambut 793 Jamaah Haji: Semoga Menjadi Haji Mabrur dan Sempurna

Lepas 794 JCH, Bupati Tantri: Jaga Kesehatan, Semoga Menjadi Haji Mabrur

Pemkab Probolinggo Gelar Tasyakuran Haji dan Beri Pengarahan kepada 794 CJH

Sementara, Drs.H Hasan Aminuddin yang juga suami Bupati Tantri mengungkapkan bahwa kedatangannya bertujuan untuk memperolah barokah Mekkah dan Madinah dari para calon tamu Allah dan Rasulullah. Pasalnya CJH ini memiliki magnet dan daya tarik yang luar biasa.

Menurut Hasan, safari haji ini diawali sejak tahun 2003 silam. Di mana pada saat itu banyak kalangan pejabat pemerintah yang senang membangun rumah mewah dan membeli mobil. Sehingga sampai rumah dan garasinya tidak cukup.

“Alhamdulilllah dahulu saya hanya ingin mengingatkan supaya tidak kafir karena sudah dilebihkan hartanya, tetapi lalai tidak haji. Ibadah haji ini wajib dan tidak bisa ditawar,” jelasnya.

Hasan menegaskan setiap harta dijalankan haji pasti mendapatkan pahala ibadah. Sehingga begitu dilebihkan hartanya segera daftarkan haji dan jangan bingung dengan lamanya antrean. Karena jika sudah mendapatkan undangan dari Allah, maka antrean itu tidak berlaku. Sebab menjadi tamu Allah, kapan pun diundang terserah Allah SWT.

"Umroh itu sunnah sehingga setiap ibdah umroh tidak akan mampu menggugurkan kewajiban hajinya. Meskipun nantinya meninggal sebelum berangkat, maka akan tetap dicatat sebagai ibadah haji. Karena setiap uang yang ditaruh di jalan Allah, nantinya akan dikalikan 700 kali kebaikan. Pasti kembali bentuknya dalam apapun terserah Allah," tegasnya.

Safari haji ini dilaksanakan di 4 (empat) titik lokasi. Yakni, Kasubbag Umum dan Kepegawaian Kecamatan Krejengan Maliya di Dusun Krajan Desa Matekan Kecamatan Besuk. Selanjutnya Kasi Pemerintahan Kecamatan Pakuniran Sosianto dan istrinya Bidan Koordinator Puskesmas Pakuniran Ida Noerhayati di Dusun Desa Gunggungan Lor Kecamatan Pakuniran.

Kemudian Kasi Konsumsi dan Keamanan Pangan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Probolinggo Anna Ratnawati di Dusun Krajan Desa Talkandang Kecamatan Kotaanyar. Serta Bendahara Pengeluaran Kecamatan Paiton A Fathoni Hidayat dan staf Kesra Kecamatan Paiton A Nurul Hidayati di Dusun Desa Kedungrejoso Kecamatan Kotaanyar.

Selain safari haji ke sejumlah titik lokasi, tahun ini Pemkab Probolinggo juga melakukan safari haji/silaturahim dengan 66 orang CJH dari kalangan karyawan/karyawati pada Dinas Pendidikan di Pendopo Kabupaten Probolinggo. Kegiatan safari haji ini akan ditutup dengan selamatan keberangkatan CJH Kabupaten Probolinggo di Pendopo Kabupaten Probolinggo. (ndi)

Gelar Pertemuan, Anggota Poktan Sumber Rejeki Lengserkan Sumadi dari Jabatan Ketua
Sabtu, 19 Juni 2021 00:20 WIB
NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Ketua Gapoktan Sumber Rejeki, Sumadi, dilengserkan dari jabatannya oleh puluhan anggota, Kamis kemarin. Ini setelah puluhan anggota Gapoktan Sumber Rejeki mendatangi rumah Sumadi, yang juga menjabat kepala Dusun, untu...
Sabtu, 19 Juni 2021 18:17 WIB
JEMBER, BANGSAONLINE.com - Dalam kondisi pandemi, Pemerintah Kabupaten Jember tetap berupaya menggeliatkan sektor pariwisata meski dengan menerapkan prosedur pencegahan Covid-19 yang ketat.Salah satunya, dengan menggelar Jelajah Wisata and Funcamp 20...
Sabtu, 19 Juni 2021 07:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Presiden Abraham Lincoln menjadi tonggak sejarah bagi penghapusan perbudakan di Amerika Serikat (AS). Salah satu legacy Lincoln adalah UU anti diskriminasi.Kini terhapusnya perbudakan itu dijadikan hari kemerdekaan. Terut...
Minggu, 16 Mei 2021 06:58 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*65. fawajadaa ‘abdan min ‘ibaadinaa aataynaahu rahmatan min ‘indinaa wa’allamnaahu min ladunnaa ‘ilmaanLalu mereka berdua bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berika...
Sabtu, 19 Juni 2021 15:30 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...