Hutan Kota Trenggalek Terbakar, Kompi Huko Berharap Pemkab segera Gelar Simulasi

Hutan Kota Trenggalek Terbakar, Kompi Huko Berharap Pemkab segera Gelar Simulasi Hutan kota yang terbakar. foto: herman/bangsaonline

TRENGGALEK, BANGSAONLINE.com - Petang kemarin sekitar pukul 17.15 sebagian hutan yang berada di kawasan wisata hutan kota Trenggalek terbakar. Penyebab terjadinya kebakaran ini menurut Ketua Komunitas Peduli Hutan Kota (Kompi Huko) Ganif Tanto Adi, akibat ulah seseorang atau pencari rumput yang berupaya membakar sampah. 

"Kebakaran disebabkan oleh penegal yang membakar sampah tegalan kemudian membara. Beruntung teman-teman Komunitas segera bisa mengendalikan dan api bisa dipadamkan," kata Ganif saat dikonfirmasi via WhatsApp-nya.

Menurut Ganif, sebelum peristiwa kebakaran ini terjadi, pihaknya telah meminta pada pemkab Trenggalek untuk menggelar simulasi kebakaran hutan di kawasan Wisata Huko dengan melibatkan OPD terkait. Namun, rupanya permintaan ini tidak segera ditanggapi oleh pemkab Trenggalek.

"Kami sudah minta bantuan Pemkab jauh sebelum musim kering ini tiba agar PMK dan Satpol PP untuk mengadakan simulasi di kawasan Hutan Kota untuk mengantisipasi kebakaran, berikut tandon air. Belum direalisasikan, sudah terjadi kebakaran," sesalnya.

"Insiden kecil itu sebagai peringatan bagi kita untuk lebih berhati-hati dalam bersikap di hutan kota, karena banyak daun dan ranting kering jika tersulut api akan mudah terbakar," cetusnya. (man)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO