Kapal DBS Tujuan Kangean Over Kapasitas, Kepala Syahbandar: Doakan Saja Selamat

Kapal DBS Tujuan Kangean Over Kapasitas, Kepala Syahbandar: Doakan Saja Selamat Kapal DBS yang dipaksakan mengangkut 400 penumpang dari kapasitas 250 penumpang.

SUMENEP, BANGSAONLINE.com - Memasuki H-3 lebaran Idul Fitri 1438 H, Kapal Dharma Bahari Sumekar (DBS) 1 lintasan Kalianget-Kangean, Sumenep, Madura, Jawa Timur (Jatim) semakin disesaki penumpang. Pihak kapal tak kuasa menolak dan memaksakan mengangkut penumpang, meski melebihi kapasitas normal.

Bagus Djunaidi, ketua LSM LAKI Sumenep mengungkapkan jika sesaknya penumpang di kapal DBS tujuan Pulau Kangean ini terjadi akibat diundurnya pemberangkatan KM Express Bahari 9C, yang merupakan angkutan mudik gratis dari Pemprov Jatim.

Untuk itu, Bagus meminta agar Pemkab Sumenep mengawasi kapal DBS. "Sebab kapal (DBS) yang digunakan dan diberangkatkan ke pulau Kangean sudah tidak layak pakai, semestinya PT pemenang tender itu menggantikan kapal yang baru, karena ini menyangkut jiwa, sebagaimana Pasal 245 UU 17 tahun 2008 tentang pelayaran," terangnya.

Bagus mengatakan, kuota penumpang untuk kapal DBS jika dalam kondisi normal seharusnya hanya 250 orang saja. Namun kali ini, kapal tersebut harus mengangkut sekitar 400 orang penumpang. "Hal ini bisa membahayakan pelayaran," terangnya.

Terkait hal ini, Kepala Syahbandar Pelabuhan Kalianget, Mohammad Iksan mengakui Kapal DBS 1 tujuan pulau Kangean over kapasitas. Namun ia menilai hal itu masih tahap kewajaran, sehingga pihaknya masih mengeluarkan izin berlayar agar para penumpang bisa sampai ke Pulau Kangean.

"Doakan saja semoga selamat," katanya enteng saat dikonfirmasi awak media.

Soal tidak bisa beroprasinya KM Express Bahari 9C yang merupakan angkutan mudik gratis, Iksan mengatakan bahwa hal itu karena kapal tersebut masih kandas di perairan Pulau Kalosot, Kecamataan Raas.

"Mau bagaimana lagi, terpaksa kapal DBS yang berangkat, sementara jumlah penumpang semakin banyak," pungkasnya. (fai/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO