Bupati Emil Gandeng Kompi Huko Wujudkan Persawahan di dalam Kota, Seperti ini Rencananya

Bupati Emil Gandeng Kompi Huko Wujudkan Persawahan di dalam Kota, Seperti ini Rencananya Bupati Emil saat memberikan sambutan di Paseban Huko. foto: HERMAN S/ BANGSAONLINE

TRENGGALEK, BANGSAONLINE.com - Bupati Trenggalek Emil Dardak mengajak rekan-rekan Komunitas Peduli Hutan Kota (Kompi Huko) untuk turut serta ambil bagian dalam program integrated farming atau taman edukasi pertanian tahun ini. Ajakan ini dilontarkan Emil saat ia menghadiri ulang tahun kompi huko ke-2 di Paseban kawasan hutan kota kelurahan Ngantru, kecamatan Trenggalek Selasa (13/6) malam.

"Kami minta rekan-rekan kompi huko untuk ikut memikirkan tentang edukasi taman pertanian, tapi jangan sampai hilang fokus yang di sini," kata Emil saat memberikan sambutan di Paseban hutan kota Trenggalek malam itu.

Menurut Emil, areal persawahan yang letaknya berada dalam kota tidak diperuntukkan untuk produksi pangan. "Tapi untuk menjaga keasrian kota, untuk menunjukkan bahwa kita ini bisa hidup berdampingan dengan alam, untuk mengingatkan biar bagaimanapun kita ini masyarakat agraris," paparnya.

Bupati Emil berharap fungsi sawah dalam kota nantinya bisa dirubah sebagai taman edukasi pertanian. Areal persawahan, terutama di jalur pematang, kata Emil, akan dilebarkan dengan tujuan agar anak-anak sekolah bisa melewati jalur itu sebagai jalur rekreasi yang selanjutnya mereka bisa belajar tentang teknologi pertanian.

"Trenggalek itu harus memiliki ciri khas, hutan kotanya paling kreatif, punya sawah di tengah kota, bukan berarti gak ada yang mau membangun, tapi karena kita memang mempreservasi menjaga keberadaan sawah untuk taman edukasi wisata," terang Emil. (man/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO