Warga Desa Dukuh Trenggalek Tolak Penambangan Emas PT SMN

Warga Desa Dukuh Trenggalek Tolak Penambangan Emas PT SMN Ratusan warga desa Dukuh kecamatan Watulimo saat menyuarakan penolakan penambangan di depan kantor DPRD Trenggalek. foto: HERMAN S/ BANGSAONLINE

TRENGGALEK, BANGSAONLINE.com - Ratusan warga Desa Dukuh, Kecamatan Watulimo, Kabupaten mendatangi DPRD untuk meminta wakil rakyat menghentikan eksplorasi tambangan emas PT Sumber Mineral Nusantara (PT SMN) di desa mereka. Kedatangan mereka untuk memberikan dukungan pada rekan-rekan mereka yang sedang melakukan rapat dengar pendapat antara warga desa Dukuh, PT. SMN, Komisi I dan II  DPRD Trenggalek.

Ketika sebagian perwakilan warga desa Dukuh melakukan rapat di aula gedung DPRD, sebagian lagi yang jumlahnya tak kurang dari 500 orang terus melakukan orasi di depan gedung DPRD. Mereka menyerukan agar para pimpinan dan wakil rakyat secepatnya menghentikan penambangan emas oleh PT SMN di kawasan desa mereka.

Dalam demo, warga membawa spanduk yang bertuliskan "Tolak eksplorasi, ekploitasi dan penambangan emas di desa dukuh kecamatan Watulimo".

Simon salah perwakilan warga desa dukuh ketika di konfirmasi mengatakan, sejak adanya usaha pertambangan di desa Dukuh, masyarakat mengalami keresahan. Warga takut terjadi tanah longsor yang akan menimpa mereka.

Selain itu, kata Simon lebih lanjut, dampak paling ekstrim sejak adanya penambangan emas ini, kondisi warga desa Dukuh terbelah menjadi dua kubu. Ada kubu yang pro penambangan dan ada pula kubu yang menolak penambangan.

Masih menurut Simon, jumlah warga yang menolak penambangan emas kurang lebih mencapai 70% dari total jumlah penduduk yang bermukim di desa dukuh. (man/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO