Sekda Tuban Imbau Pemdes Sisihkan DD untuk Pemberdayaan Masyarakat

Sekda Tuban Imbau Pemdes Sisihkan DD untuk Pemberdayaan Masyarakat Budi Wiyana

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Sekretaris Daerah (Sekda) Tuban Budi Wiyana mengimbau kepada seluruh pemerintah desa (pemdes) di wilayah Kabupaten Tuban agar penggunaan anggaran Dana Desa (DD) ditekankan pada pemberdayaan masyarakat.

"Jangan sampai DD digunakan dalam kegiatan yang minim memberi manfaat kepada masyarakat. Seperti, pembangunan tembok makam maupun pembuatan keranda mayat. Sebaiknya DD digunakan seperti pembuatan jalan lingkungan, jalan usaha tani (JUT), saluran irigasi pertanian dan pemberdayaan masyarakat lainnya yang meningkatkan perekonomian warga sekitar. Penggunaannya harus memberikan manfaat ekapda masyarakat secara luas," tegasnya.

Budi juga mengimbau agar selain digunakan di bidang infrastruktur, DD disisihkan untuk program peningkatan ekonomi masyarakat desa. Untuk itu, ia meminta agar pemdes mengidentifikasi potensi yang ada di desa. 

"Semisal di desa itu potesinya peternakan. Program pemberdayaannya bisa saja cara berternak, cara membuat pakan ternak, pembuatan kompos maupun kegiatan pemberdayaan lainnya," jelasnya. (wan/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO