Senin, 19 Agustus 2019 18:02

Mahasiswa di Trenggalek Ngotot Minta Alokasi Pendidikan Sesuai UUD 45, Ini Tanggapan Dewan

Rabu, 03 Mei 2017 14:54 WIB
Wartawan: Herman Subagyo
Mahasiswa di Trenggalek Ngotot Minta Alokasi Pendidikan Sesuai UUD 45, Ini Tanggapan Dewan
Mahasiswa saat menyampaikan aspirasi di ruang aula gedung DPRD Trenggalek. foto: HERMAN/ BANGSAONLINE

TRENGGALEK, BANGSAONLINE.com - Tuntutan dari mahasiswa gabungan di Trenggalek yang meminta agar alokasi anggaran untuk pendidikan di APBD dinaikkan menjadi 20 persen sesuai amanat UUD 1945 akhirnya ditanggapi DPRD setempat. Sebelumnya, tuntutan itu disuarakan mahasiswa STIT dan STKIP Trenggalek saat memperingati Hardiknas, kemarin (2/5), karena saat ini alokasi anggaran untuk pendidikan di APBD baru 7 persen.

Agus Cahyono, Wakil Ketua DPRD Trenggalek dalam rapat dengar pendapat dengan para mahasiswa kemarin (2/5) di ruang aula gedung DPRD Trenggalek mengakui bahwa anggaran untuk pendidikan di Trenggalek masih minim. 

"APBD Trenggalek itu total mencapai 1,8 triliun. Sekitar 63% sudah digunakan untuk belanja tidak langsung, sekitar 7% dialokasikan untuk pendidikan, sisanya untuk kegiatan di semua SKPD seperti pembangunan fasilitas umum dan beberapa kegiatan lainnya," papar politisi asal PKS ini di hadapan para mahasiswa.

Untuk itu, ia meminta agar masyarakat, khususnya mahasiswa, bersabar dan realistis terkait persoalan anggaran untuk pendidikan di Trenggalek.

"Jika alokasi anggaran pendidikan di kabupaten Trenggalek harus mencapai angka 20%, maka bisa dipastikan pembangunan Trenggalek di sektor yang lain terlambat karena minimnya anggaran," terangnya.

Menurut Agus, pengalokasian anggaran pendidikan itu tidak harus 20%, melainkan bisa disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah. "Meski alokasi anggaran pendidikan di kabupaten Trenggalek tercatat 7 persen, namun bila hal itu ditambahkan dengan bantuan anggaran pendidikan dari APBN maupun Provinsi tentu anggaran pendidikan itu lebih dari 20 persen," dalihnya.

Hal senada diungkapkan Ketua Komisi IV yang membidangi pendidikan, Sukarudin. Ia mengatakan bahwa selama ini pihaknya sudah berupaya semaksimal mungkin dalam beberapa rapat di komisi, agar ada penambahan anggaran pendidikan. "Namun apa daya kemampuan keuangan daerah kita memang terbatas," ungkap Sukarudin di gedung DPRD Trenggalek, Rabu (3/5).

"Kendati alokasi anggaran pendidikan di kabupaten Trenggalek tak sampai tembus di angka 20 persen seperti yang telah di amanahkan dalam UU 20 tahun 2003 tentang alokasi anggaran pendidikan sekurang kurangnya 20 persen dari APBN dan APBD, saya berharap ke depan anggaran pendidikan di Trenggalek minimal bisa mendekati angka 20 persen," pungkasnya. (man/rev)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Jumat, 09 Agustus 2019 19:52 WIB
KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Kediri memiliki destinasi wisata baru bernama Dewi Cemara. Obyek wisata berbasis pertanian dan peternakan di Desa Kedung Malang, Kecamatan Papar, Kabupaten Kediri ini telah diresmikan oleh Gubernur Jawa Timur...
Minggu, 11 Agustus 2019 17:36 WIB
Oleh: Em Mas’ud AdnanPeta politik Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di Kota Surabaya kembali berubah. Awalnya ada tiga kekuatan kubu politik di internal PDIP Kota Surabaya. Kubu Wihsnu Sakti Buana (wakil wali kota Surabaya), Bambang...
Senin, 19 Agustus 2019 01:09 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag58. wa-in min qaryatin illaa nahnu muhlikuuhaa qabla yawmi alqiyaamati aw mu’adzdzibuuhaa ‘adzaaban syadiidan kaana dzaalika fii alkitaabi masthuuraanDan tidak ada suatu negeri pun (yang durhaka penduduk...
Sabtu, 17 Agustus 2019 11:29 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...