Minggu, 09 Agustus 2020 12:10

Mahasiswa di Trenggalek Ngotot Minta Alokasi Pendidikan Sesuai UUD 45, Ini Tanggapan Dewan

Rabu, 03 Mei 2017 14:54 WIB
Wartawan: Herman Subagyo
Mahasiswa di Trenggalek Ngotot Minta Alokasi Pendidikan Sesuai UUD 45, Ini Tanggapan Dewan
Mahasiswa saat menyampaikan aspirasi di ruang aula gedung DPRD Trenggalek. foto: HERMAN/ BANGSAONLINE

TRENGGALEK, BANGSAONLINE.com - Tuntutan dari mahasiswa gabungan di Trenggalek yang meminta agar alokasi anggaran untuk pendidikan di APBD dinaikkan menjadi 20 persen sesuai amanat UUD 1945 akhirnya ditanggapi DPRD setempat. Sebelumnya, tuntutan itu disuarakan mahasiswa STIT dan STKIP Trenggalek saat memperingati Hardiknas, kemarin (2/5), karena saat ini alokasi anggaran untuk pendidikan di APBD baru 7 persen.

Agus Cahyono, Wakil Ketua DPRD Trenggalek dalam rapat dengar pendapat dengan para mahasiswa kemarin (2/5) di ruang aula gedung DPRD Trenggalek mengakui bahwa anggaran untuk pendidikan di Trenggalek masih minim. 

"APBD Trenggalek itu total mencapai 1,8 triliun. Sekitar 63% sudah digunakan untuk belanja tidak langsung, sekitar 7% dialokasikan untuk pendidikan, sisanya untuk kegiatan di semua SKPD seperti pembangunan fasilitas umum dan beberapa kegiatan lainnya," papar politisi asal PKS ini di hadapan para mahasiswa.

Untuk itu, ia meminta agar masyarakat, khususnya mahasiswa, bersabar dan realistis terkait persoalan anggaran untuk pendidikan di Trenggalek.

"Jika alokasi anggaran pendidikan di kabupaten Trenggalek harus mencapai angka 20%, maka bisa dipastikan pembangunan Trenggalek di sektor yang lain terlambat karena minimnya anggaran," terangnya.

Menurut Agus, pengalokasian anggaran pendidikan itu tidak harus 20%, melainkan bisa disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah. "Meski alokasi anggaran pendidikan di kabupaten Trenggalek tercatat 7 persen, namun bila hal itu ditambahkan dengan bantuan anggaran pendidikan dari APBN maupun Provinsi tentu anggaran pendidikan itu lebih dari 20 persen," dalihnya.

Hal senada diungkapkan Ketua Komisi IV yang membidangi pendidikan, Sukarudin. Ia mengatakan bahwa selama ini pihaknya sudah berupaya semaksimal mungkin dalam beberapa rapat di komisi, agar ada penambahan anggaran pendidikan. "Namun apa daya kemampuan keuangan daerah kita memang terbatas," ungkap Sukarudin di gedung DPRD Trenggalek, Rabu (3/5).

"Kendati alokasi anggaran pendidikan di kabupaten Trenggalek tak sampai tembus di angka 20 persen seperti yang telah di amanahkan dalam UU 20 tahun 2003 tentang alokasi anggaran pendidikan sekurang kurangnya 20 persen dari APBN dan APBD, saya berharap ke depan anggaran pendidikan di Trenggalek minimal bisa mendekati angka 20 persen," pungkasnya. (man/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Jumat, 24 Juli 2020 19:36 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kreatif. Itulah kata yang tepat untuk menggambarkan apa yang sudah dilakukan oleh Pemkot Surabaya dalam usahanya mempercantik kawasan Ekowisata Mangrove Medokan Sawah. Betapa tidak, dari sejumlah barang-barang bekas, sepe...
Kamis, 06 Agustus 2020 20:34 WIB
Oleh: Prof Dr Rochmat WahabPada hakekatnya manusia bermula dari lahir, tumbuh dan berkembang mencapai puncak, menurun dan berakhir dengan wafat. Inilah sunnatullah, normalnya manusia, walau pada prakteknya ada juga yang dipanggil Allah SWT, s...
Minggu, 02 Agustus 2020 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Senin, 03 Agustus 2020 11:04 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan ala...