Kapolres Malang Beber Tujuh Kunci Sukses Pilkades

Kapolres Malang Beber Tujuh Kunci Sukses Pilkades Kapolres Malang AKBP Yade Setiawan Ujung saat memimpin apel 3 pilar persiapan pilkades serentak.

MALANG, BANGSAONLINE.com - Kapolres Malang Yade Setiawan Ujung dalam sambutannya saat pemimpin apel besar 3 pilar Sabtu (18/3) pagi, di halaman Penopo Kepanjen Kabupaten Malang menyampaikan, ada tujuh kunci sukses dalam Pilkades.

Ketujuh kunci sukses tersebut adalah sebagai berikut;

Pertama, panitia pemilihan (Kabupaten dan Desa) harus netral dan melakukan tahapan pilkades dengan baik.

Kedua, peran badan pengawas sebagai wasit harus bersikap netral sehingga tidak terjadi perpecahan.

Ketiga, para calon kades dan para pendukung harus siap terpilih dan tidak terpilih alias legowo, serta tidak halalkan berbagai macam cara. Mereka harus berkompetisi yang sehat serta tidak melakukan black campaign, apalagi ada gerakkan massa untuk menjatuhkan calon yang lain.

Keempat, Pemerintah Daerah harus bersikap netral dan mengakomodir anggaran untuk pilkades.

Kelima, aparat keamanan juga harus netral, karena aparat tidak memiliki hak dipilih dan memilih.

Keenam, kata Yade adalah, para media massa. Menurutnya, media massa yang memiliki fungsi dalam menyebarluaskan berita harus turut serta dalam menyejukkan suasana pilkades. Ia mengimbau agar media massa tidak menyebarkan berita hoax, yang mana dapat meresahkan situasi. Kata dia, media massa harus menyebarluaskan produk-produk jurnalistik yang berkualitas.

"Sedangkan kunci sukses pilkades yang terakhir, para tokoh masyarakat dan tokoh agama harus turut serta menjaga situasi agar tetap kondusif, jangan sampai justru memprovokasi," tegasnya. (mlg1/thu/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO