Mitos dan Maknanya, dari Bersiul Undang Setan hingga Berat Jodoh

Mitos dan Maknanya, dari Bersiul Undang Setan hingga Berat Jodoh

Pernah mendengar larangan-larangan yang jika dilanggar konon akan berakibat terkena kutukan? Misalnya jangan duduk di depan pintu karena bisa menghambat jodoh. Bisa jadi larangan itu akan membuat keder seorang gadis yang mendengarnya dengan serta merta mematuhinya. Namun bisa juga justru membuat seseorang mencibir karena secara logika tidak ada hubungannya. Ya, itulah mitos. kepercayaan yang diwariskan secara turun menurun sehingga banyak yang menganggapnya sebagai sebuah kebenaran.

Namun ada juga mitos yang jika ditelaah lebih dalam ada benarnya dan memiliki hubungan sebab akibat tidak secara langsung. Mungkin karena orang tua kita tidak ada waktu atau malah juga tidak tahu bagaimana menjelaskannya, maka diambil jalan pintasnya saja. Berikut mitos yang banyak beredar dan maknanya.

Menyapu Tidak Bersih, Dapat Suami Brewok

Faktanya adalah sebuah pesan agar melakukan suatu pekerjaan dengan sungguh-sungguh. Ancaman mendapatkan seorang suami yang brewokan adalah karena jaman dulu pria brewokan dianggap orang yang kasar, jahat, dan pelaku kriminal.

Sehingga tidak ada seorang gadis pun yang berminat mendapatkan suami seperti itu. Namun di jaman sekarang, berewok justru dianggap sebagai trend dan sama sekali tidak mencerminkan kepribadian seseorang.

Bersiul Malam Mengundang Setan

Faktanya jika kita bersiul di malam hari, bukan setan yang akan datang, melainkan tetangga yang marah akibat istirahatnya terganggu saat mendengar siulan kita.

Mitos ini ada benarnya juga sih, kalaupun tidak mendatangkan setan, bisa aja mendatangkan kemarahan dari orang lain bukan? Lagipula, bersiul kok malam-malam, mendingan nonton televisi saja.

Duduk di Depan Pintu Susah Jodoh

Faktanya, pintu bukanlah tempat duduk. Duduk di depan pintu hanya akan menghambat lalu lintas orang yang melewati pintu tersebut. Belum lagi bisa terkena resiko masuk angin karena pintu juga tempat keluar masuk udara.

Tapi mungkin mitos ini ada benarnya jika kebetulan ada calon mertua yang lewat dan melihat kita duduk bermalas-malasan di depan pintu. Mana mau beliau punya menantu pemalas begitu.

Bangun Kesiangan Dijauhi Rezeki

Faktanya, orang yang bangun kesiangan akan terlambat pula berangkat bekerja, sehingga bisa kehilangan rejeki. Mitos bangun siang ini dipercaya sejak dulu banget, dan orang Indonesia yakin jika bangun lebih awal, lebih punya banyak waktu untuk mencari rezeki.

Misalnya baru bangun jam 10 pagi. Anda sudah kehilangan beberapa jam produktif di pagi hari untuk bekerja. Jadi kalau rezeki hilang akibat bangun kesiangan.

Makan Tak Habis, Ayamnya Mati

Faktanya, membuang makanan adalah hal yang mubazir. Orang tua sudah susah payah mencari uang untuk membeli makanan, maka jangan disia-siakan. Lagi pula, jika makanan tidak dihabiskan, khawatir perut masih terasa lapar.

Lihat juga video 'Ratusan Karyawan PT Simone Bogor Mengalami Kesurupan Massal':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO