Gagal Pulangkan Jasad, Keluarga hanya Bawa Tanah Makam Tan Malaka ke Sumbar

Gagal Pulangkan Jasad, Keluarga hanya Bawa Tanah Makam Tan Malaka ke Sumbar Peti berisi tanah makam Tan Malaka dibawa ke Sumatera Barat.

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Lantaran tak mendapatkan izin dari Kemensos RI dan Pemkab Kediri, keluarga pahlawan revolusioner Datuk Ibrahim , gagal membawa pulang jasad yang dipercaya berada di makam umum Desa Selopanggung, Kecamatan Semen, Kabupaten Kediri. Pihak keluarga bersama Pemerintah Kabupaten Lima Puluh Kota, Provinsi Sumatera Barat, akhirnya hanya menggelar upacara penjemputan gelar raja, sesuai dengan adat daerah mereka dan membawa sebongkah tanah.

Upacara adat ini melibatkan 150 orang. Mereka terdiri dari tokoh adat dan keluarga, serta simpatisan pahlawan nasional . Ratusan orang ini datang dari Kabupaten Lima Puluh Kota melalui serangkaian perjalanan darat untuk melaksanakan upacara penjemputan gelar raja. Prosesi penjemputan gelar ini berlangsung secara sakral di makam yang terletak di Desa Selopanggung. Ini berbeda dengan rencana awal, bahwa mereka berencana memindahkan jasad ke tanah kelahirannya.

Pihak keluarga dan pemerintah daerah Lima Puluh Kota Sumatra Barat, hanya mengambil tanah makam, sebagai prosesi pergantian baju atau penyerahan gelar raja dari Ibrahim Datuk kepada Hengki Novaro Datuk .

“Prosesi ini adalah penyempurnaan dari penyerahan gelar yang semenjak tahun 1948 disandang Ibrahim Datuk , sebagai pucuk atau raja adat di Kelarasan Bungo Setangkai,” kata Fehrizal, Wakil Bupati Lima Puluh Kota, Selasa (21/2).

Masykuri Ikhsan, Wakil Bupati Kediri mengaku, pihaknya menyerahkan keberadaan makam pahlawan revolusioner ini kepada Kemensos RI, karena almarhum merupakan pahlawan bangsa, sehingaa berhak dimiliki oleh seluruh masyarakat Indonesia. Pihaknya juga menunggu perintah dari kementerian akan tindakan pemugaran lokasi makam tersebut. (rif/rus)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO