Tan Malaka, Pahlawan Terlupakan yang Dimakamkan di Kediri

Tan Malaka, Pahlawan Terlupakan yang Dimakamkan di Kediri Makam yang berada di Desa Selopanggung yang diyakini makam Datuk Tan Malaka.

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Makam Ibrahim Datuk yang diduga berada di Desa Selopanggung Kecamatan Semen Kabupaten , jasadnya masih diragukan dan kepastian hukumnya belum jelas. Hal itulah yang saat ini disoroti fraksi PDI Perjuangan Kabupaten .

Anggota DPRD kabupaten , Dody Purwanto, dalam menyikapi terkait rencana kepindahan makam ke Sumatera Barat, meminta pihak Pemkab memastikan dulu kepastian hukumnya pada pihak yang mengaku keluarganya.

"Hasil DNA hingga saat ini apa sudah keluar. Toh juga belum ada,” katanya, Selasa (17/1).

Lebih lanjut, Dodi menjelaskan kalaupun memang benar jasad tersebut adalah pahlawan Ibrahim Datuk , dia meminta ada perlakuan khusus.

“Ya kita rawat dengan baik. Pemerintah tentunya menghormati keberadaan makam tersebut untuk dibangunkan makam yang baik atau dipindahkan ke makam pahlawan. Banyak pahlawan yang wafatnya tidak di tempat kelahirannya namun di medan juang”.

Dody menambahkan, jika banyak keluarga pahlawan meminta jasadnya dipindahkan ke tanah kelahirannya, sejarah akan rusak. “Kita menghormati api semangatnya sebagai pahlawan bukan abu jasadnya,” pungkas Dody.

Plt. Kepala Dinas Infokom Pemkab Krisna Setyawan mengatakan jika pihak Pemkab masih mengkaji terkait rencana kepindahan jasad pahlawan Ibrahim Datuk . “Pihak Pemkab masih melakukan beberapa kajian dulu terkait rencana kepindahan tersebut,” ungkap Krisna.

Pihak Pemkab juga sudah membentuk Tim di bawah koordinasi Dinas Sosial dan Kementerian Sosial.

Lihat juga video 'Tim BPK Wilayah XI Teliti Tugu Tapal Batas di Kediri, Diduga dari Abad ke-13 ':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO