Koordinasi Peringatan Hari Peduli Sampah 2017, Kementerian LHK Apresiasi Surabaya

Koordinasi Peringatan Hari Peduli Sampah 2017, Kementerian LHK Apresiasi Surabaya Rapat koordinasi Peringatan Hari Peduli Sampah.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) memberikan apresiasi positif kepada Kota Surabaya yang akan menjadi tempat pelaksanaan Hari Peduli Sampah Nasional Pantai Kenjeran pada Kamis (16/2/2017) mendatang. Presiden Joko Widodo dijadwalkan menghadiri agenda yang akan dipusatkan di Pantai Kenjeran ini.

Direktur Pengelolaan Sampah pada Dirjen Persampahan dan Limbah B3 , R Sudirman mengatakan, Kota Surabaya bisa menjadi contoh bagus bagi daerah lainnya dalam hal pengelolaan sampah. Utamanya adanya pusat daur ulang yang ada di kawasan Jambangan.

“Surabaya kotanya bagus. Tempat Pembuangan Akhirnya (TPA) juga bagus. Wali Kotanya juga punya prestasi bagus,” ujar R Sudirman ketika hadir pada acara rapat koordinasi peringatan Hari Peduli Sampah 2017 di Ruang Sidang Wali Kota, Balai Kota Surabaya, Jumat (10/2/2017).

Disampaikan R Sudirman, pelaksanaan Hari Peduli Sampah Nasional 2017 di Surabaya, terbagi dalam dua agenda. Agenda pertama dipusatkan di Pantai Kenjeran. Diawali kerja bakti bersama (bersih-bersih pantai) yang diikuti oleh sekitar 20 ribu orang yang terdiri dari unsur pemerintah, komunitas, TNI, Polri, Pramuka, anak-anak sekolah, nelayan dan diikuti provinsi, kabupaten/kota di seluruh Indonesia.

Presiden Joko Widodo yang didampingi Menteri LHK, Siti Nurbaya dan menteri lainnya, dijadwalkan akan melakukan teleconference dengan Gubernur DKI Jakarta, Wali Kota Balikpapan, Wali Kota Manado dan Wali Kota Padang. Presiden, sambung R Sudirman, juga akan berdialog dengan masyarakat.

“Agendanya juga ada pemberian penghargaan kinerja produsen dalam pengurangan sampah (industri manufaktur dan ritel), juga pemberian penghargaan kepada bank sampah terbaik dan penyerahan KUR kepada KUKM Bank Sampah,” ujarnya.

Menurut R Sudirman, dari total 48 ribu-an bank sampah di Indonesia, ada enam bank sampah yang akan mendapatkan penghargaan bank sampah terbaik. Yakni Bank Sampah Malang, Bank Sampah Talo Makassar, Bank Sampah Gemah Ripah Bantul, Bank Sampah Bina Mandiri Surabaya, Bank Sampah Induk Banjarmasin, Bank Sampah RW03 Mekarsari Jakarta Timur. Selain itu, akan ada penyerahan sarana prasarana sampah meliputi empat unit motor sampah, tempat sampah pilah dari pusat daur ulang (PDU) sampah kapasitas 20 ton/hari kepada Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO