Besok, Ratusan Warga Ring Satu Demo Pabrik Holcim di Tuban

Besok, Ratusan Warga Ring Satu Demo Pabrik Holcim di Tuban

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Besok Kamis (26/1), pabrik PT Semen Holcim di Tuban bakal didemo warga ring 1. Pabrik asal Swiss tersebut didemo lantaran dinilai tak memberi kontribusi terhadap warga sekitar.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun BANGSAONLINE.com, warga yang demo berasal dari 6 desa dengan jumalah mencapai ratusan. "Enam desa yang akan ikut demo di antaranya, Desa Karangasen, Merkawang, Glondonggede, Sawir, Mliwang dan Desa Kedungrejo," ujar Tokoh Pemuda Desa Karangasem, Kecamatan Tambakboyo, Amir Rahman yang didaulat menjadi koordinator dalam aksi tersebut.

Dalam aksi tersebut , Amir menjelaskan bahwa warga akan mempertanyakan program-program CSR pada 2016 lalu, yang tahun ini banyak dikepras dengan alasan efisiensi anggaran akibat guncangan perekonomian. Selain itu, warga juga bakal mempertanyakan PHK yang dialami beberapa tenaga kerja lokal.

"Banyak warga sekitar yang dihentikan bekerja, karena pengoperasiannya katanya diganti dengan mesin. Padahal sesuai perjanjian dengan warga sekitar sebelum berdiri, perusahaan bakal merekrut 75 persen dari tenaga lokal dan 25 persen dari tenaga luar," tambahnya.

Tak hanya itu, menurut Amir, PT. Holcim juga menyebabkan lingkungan rusak. "Semisal pada saat musim hujan, kini sudah banyak lahan yang mudah terendam banjir. Pasalnya, pabrik Holcim tak memiliki saluran pembuangan yang baik dan ideal. Masalah itu pernah kami sampaikan, tapi sampai saat ini tidak ada respon. Makanya akan kami demo," papar Amir.

Camat Tambakboyo, Didik Purwanto membenarkan, bahwa warga ring 1 PT Semen Holcim akan melakukan unjuk rasa. "Iya benar besok ada demo di PT Semen Holcim," ujarnya. (wan/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO