Tiga WNA Asal Tiongkok Diamankan saat Berkunjung ke Pabrik Holcim di Tuban

Tiga WNA Asal Tiongkok Diamankan saat Berkunjung ke Pabrik Holcim di Tuban Tiga WNA saat diperiksa petugas Kesbangpol.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Tiga Warga Negara Asing (WNA) asal negara Tiongkok diamankan petugas ketika mengunjungi pabrik semen milik PT Holcim Indonesia di Desa Sawir, Kecamatan Tambakboyo, Kabupten Tuban.

Tiga WNA tersebut masing-masing bernama Wang Chongyang, kelahiran 18 Februari 1988 dengan masa berlaku paspor sampai 2024. Yao Shuwei, kelahiran 8 Juli 1996 dengan masa berlaku paspor sampai 2028. Dan, Wu Qianbin, kelahiran 4 Maret 1981 dengan masa berlaku paspor hingga November 2027.

Berdasarkan pemeriksaan oleh Tim Pengawas Orang Asing (Timpora), mereka tak bisa menunjukkan visa tenaga kerja, melainkan hanya membawa visa kunjungan.

Plt Kepala Kesbangpol Kabupaten Tuban, Joko Suwarno, saat dihubungi mengungkapkan bahwa ketiga WNA itu sengaja diselundupkan masuk ke PT Holcim Tuban. "Kami pastikan bahwa visa mereka bukan tenga kerja," tegasnya.

Dalam visa kunjungannya, ketiganya berasal dari PT Semen Imanco Asiatic. Informasinya, pabrik semen tersebut berdiri di Jember dengan nilai investasi Rp 5 triliun. Sedangkan, pada 2018 ini perusahaan semen itu sudah membuka lowongan pekerjaan.

Dalam waktu dekat, Joko Suwarno mengaku akan memanggil manajemen PT Holcim guna meminta keterangan detail terkait tiga WNA tersebut. Pasalnya, tiga bulan yang lalu petugas juga sempat mengamankan WNA asing.

"Tim Pengawasan Orang Asing akan bersinergi dengan Holcim, supaya kasus ini tidak terulang," katanya.

Dihubungi terpisah, Corporate Communication East Java PT Holcim Indonesia, Indri Siswati, menyatakan bahwa per tanggal 24 Agustus 2018, tidak ada tenaga kerja asing yang bekerja atau melakukan kunjungan ke Pabrik Tuban.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO