Ribuan Hektar Tanaman Padi di Bojonegoro Diserang Hama Wereng

Ribuan Hektar Tanaman Padi di Bojonegoro Diserang Hama Wereng Salah satu tanaman padi di kecamatan Kanor Bojonegoro.

BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Hama pyricularia atau wereng menyerang ribuan hektar tanaman padi di wilayah kabupaten Bojonegoro. Tanaman itu tersebar di tujuh kecamatan di kota Ledre. Totalnya mencapai 1.230 hektar.

Kepala Bidang Produksi Tanaman Pangan dan Holtikultura, Disperta Bojonegoro, Zaenal Fanani mengatakan, serangan hama itu terjadi sejak sepekan terakhir. "Serangan hama wereng terjadi di beberapa wilayah," jelasnya, Kamis (12/1/17).

Ia menyebutkan daerah yang diserang hama wereng, di antaranya Kecamatan Sukosewu seluas 155 hektar, Kecamatan Ngraho seluas 620 hektar, Dander seluas 31 hektar, Sumberrejo seluas 4 hektar.

"Kecamatan Padangan terjadi serangan hama pyricularia pada lahan pertanian seluas 5 hektar," paparnya.

Serangan hama wereng juga melanda Kecamatan Kapas pada lahan pertanian seluas 320 hektar, hama pyricularia seluas 25 hektar dan Santomonas seluas 5 hektar.

"Di Kecamatan Ngasem serangan hama wereng menyerang lahan pertanian seluas 100 hektar," tandasnya.

Saat ini, lanjut Zaenal, penanggulangan terhadap serangan hama dan penyakit telah dilakukan oleh pihaknya dengan bantuan pestisida dan insektisida ke wilayah-wilayah tersebut. "Tapi kami mengimbau petani melakukan langkah awal ramah lingkungan, tidak langsung menggunakan pestisida atau insektisida," lanjutnya.

"Memang hama wereng selalu muncul pada bulan di mana banyak curahan air hujan seperti saat ini. Jika pada musim kemarau hama tersebut jarang muncul," pungkasnya. (nur/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO