Selasa, 16 Januari 2018 16:57

BPK Bakal Audit Pengelolaan Keuangan Desa di Jombang Bulan Depan

Rabu, 11 Januari 2017 19:32 WIB
BPK Bakal Audit Pengelolaan Keuangan Desa di Jombang Bulan Depan

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Bulan Februari mendatang Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI dijadwalkan melakukan audit keuangan seluruh desa Kabupaten Jombang. Audit ini nantinya BPK fokus pada pengelolaan keuangan desa, meliputi Dana Desa (DD), Alokasi Dana Desa (ADD), Jasmas dan sejumlah dana bantuan yang bersumber dari APBN, ABPD Provinsi dan APBD Kabupaten Jombang, serta APBDes.

Salah satu perangkat desa di Kabupaten Jombang mengatakan, rencana BPK untuk melakukan audit keuangan di Desa sudah disosialisasikan camat pada akhir tahun 2016 lalu. Bahkan camat sudah mengirim surat edaran kepada desa terkait rencana BPK tersebut.

"Desa diminta siap-siap menghadapi audit BPK itu," ujarnya, Rabu (11/1).

Pria yang enggan namanya dipublikasikan ini membeberkan, sebagaimana tertulis dalam edaran, BPK akan memeriksa surat pertangungjawaban (SPj) baik proyek pemberdayaan maupun proyek fisik yang dilaksanakan oleh Pemerintahan Desa. Baik anggaran tahun 2015-2016.

"(Pemeriksaan) ditujukan untuk semua yang dananya masuk APBDes, yang keuangannya masuk ke rekening kas Desa," tandasnya.

Sementara itu, Kepala Inspektorat Kabupaten Jombang, I Nyoman Swardhana, Rabu (11/1/2016), kepada wartawan mengungkapkan, sejumlah Desa di Kabupaten Jombang masih ada yang belum menyelesaikan Surat Pertanggungjawaban (SPJ) dari pengelolaan keuangan Desa.

Dikatakan, sebagaimana pemeriksaan inspekstorat, terdapat sekitar 5 - 10 persen desa dari 302 Desa di Kabupaten Jombang penerima Dana Desa yang belum merampungkan SPJ. "Secara admnistrasi, ada beberapa Desa belum tertib dalam admnistrasi penggunaannya,” kata Nyoman. (rom/rev)

Oleh: Suparto Wijoyo
Rabu, 10 Januari 2018 09:41 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo*SELAMA 93 TAHUN, nyaris seabad, rentang waktu yang membentang membukakan pintu rahasia untuk membaca suksesi kepemimpinan yang tengah dipentaskan. Lorong kisah perebutan genggam otoritas dari tahun 1200-1293 menggelarkan tikar re...
Sabtu, 13 Januari 2018 23:58 WIB
Oleh: Dr. KHA Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KHA Musta'in Syafi'ie M.Ag. . . Subhaana alladzii asraa bi’abdihi laylan mina almasjidi alharaami ilaa almasjidi al-aqshaa alladzii baaraknaa hawlahu linuriyahu min aayaatinaa innahu huwa alssamii’u albashiiru (1)."Subhaana alladzii as...
Oleh: Dr. KH. Imam Ghazali Said., MA
Sabtu, 13 Januari 2018 10:54 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<...
Kamis, 11 Januari 2018 12:13 WIB
LONDON, BANGSAONLINE.com - Charlotte Crosby memamarkan payudara hasil olahan ‘ketok magic’ yang semula nyaris datar, kini menjadi menyembul luar biasa.Charlotte Crosby mengejutkan jutaan penggemarnya dengan foto selfie terbarunya dalam kondisi pa...